About Us

15 April 1961 merupakan tonggak perusahaan memulai perjalanannya menuju perusahaan otomotif yang professional sebagai Main Dealer Toyota untuk wilayah Jateng dan DIY. Adanya kesamaan visi dan kebulatan tekad untuk mampu merubah impian menjadi kenyataan telah membawa perusahaan memiliki semangat juang dalam menapaki tangga keberhasilan. Perkembangan perusahaan di setiap periode waktu memberikan bukti bahwa arah perusahaan ini tetap berada pada jalur kesuksesan. Diawali dengan hanya menjual 7 unit Toyota Tiara, kini perusahaan mampu menjual ribuan unit kendaraan PT. New Ratna Motor melalui jaringan Dealer Nasmoco Group dalam memberikan layanan terbaik bagi para pelangganpun berkembang secara signifikan dan saat ini memiliki 15 cabang/dealer yang mampu memberikan layanan penjualan unit kendaraan, service, dan penyediaan spare part di hampir seluruh kota besar di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Hubungan Bisnis
PT New Ratna Motor merupakan salah satu dari 5 jaringan utama PT Toyota Astra Motor yang merupakan Agen Tunggal Pemegang Merek Toyota di Indonesia dalam memasarkan produk Toyota untuk wilayah Jateng & DIY melalui jaringan Nasmoco Group.

Kegiatan Usaha
Untuk memberikan total pelayanan kepada pelanggan PT. New Ratna Motor melalui jaringan Nasmoco Group tidak hanya fokus pada penjualan unit mobil melainkan juga pada layanan purna jual yaitu jasa bengkel (perbaikan kendaraan) dan spare part (penyediaan suku cadang). Nasmoco Kredit, Nasmoco Proteksi dan Nasmoco Rental akan memberikan kemudahan serta kenyamanan pelanggan dalam bertransaksi dengan kami untuk memiliki ataupun menikmati kendaraan Toyota.

Organisasi
Dalam kegiatan sehari-hari PT New Ratna Motor dikendalikan oleh Managing Director yang didukung 4 Divisi, yaitu Marketing, After Sales, Finance, dan HR & GA dimana strategi dan kebijakan bisnis dirumuskan dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Operation Manager membantu Managing Director memastikan setiap kebijakan yang telah dirumuskan dilaksanakan oleh cabang/dealer. Meskipun seluruh kegiatan dikendalikan terpusat namun setiap cabang/dealer diarahkan sebagai profit center tersendiri untuk mencapai keuntungan yang optimal. Kepala cadang/dealer bertanggung jawab terhadap kinerja dan perolehan keuntungan cabang/dealer. PT. New Ratna Motor & Nasmoco Group sampai saat ini memperkerjakan sekitar 1.000 orang karyawan.

Jaringan Bisnis
PT New Ratna Motor melalui jaringan Nasmoco Group telah memiliki 15 cabang/ dealer dengan layanan penjualan unit kendaraan, service dan penyediaan Spare Part (VSP-Vehicle, Service dan Partisi) yang tersebar di hampir seluruh kota-kota besar di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kinerja Usaha (Sales)
Kinerja kami dalam memasarkan Toyota di wilayah Jawa Tengah dan Togyakarta sangat membanggakan terutama dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini. Puncaknya pada tahun 2005 kami dapat mencapai penjualan terbaik dengan membukukan retail 11.500 unit dengan market share 31,2%.

Service

General Repair
Untuk layanan General Repair, bengkel kami telah dilengkapi peralatan Hi-Tech, seperti Intelligent Tester, CO Tester/Gas Analyzer, dengan jumlah stall 205. Bengkel kami juga dilengkapi dengan 15 armada Toyota Home Service, 3 armada Bengkel Keliling Dyna, serta 2 armada Car Transporter yang siap melakukan layanan selama 24 jam.

Body Repair & Paint
Untuk layanan Body Repair & Paint, bengkel kami telah dilengkapi fasilitas Ruang Epony/Surfacer, Mixing Machine, Spraybooth + Oven (Combybooth), Car Bench/ Frame Aligner, Special Service Tool, dengan jumlah stall 70.

Rangkaian prestasi tersebut sebagai bukti nyata kami dalam usaha meningkatkan kemampuan ketrampilan dan profesionalisme jajaran After Sales Service dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Parts
PT New Ratna Motor secara aktif berusaha meningkatkan Layanan Purna Jual (Layanan Bengkel) dan Suku Cadang. Kami memiliki Part Depo seluas 4.200 m2 sebagai gudang penyimpanan dan persediaan suku cadang yang mampu menyimpan 11.300 item dan telah mengaplikasikan Management Inventory Toyota, seperti JIT KANBAN dan HEI JUNKA. Sedangkan nilai persediaan stock suku cadang di seluruh dealer Nasmoco Group mencapai 6.500 item.

Untuk lebih mendekatkan serta memudahkan pelanggan dalam mendapatkan pelayanan terhadap kebutuhan suku cadang (part), selain menyediakan suku cadang melalui jaringan Nasmoco Group, kami juga menjalin kerja sama dengan 271 partshop yang tersebar di seluruh kota-kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Layanan Pelanggan
Kepuasan pelanggan merupakan tujuan kami, budaya untuk mau dan mampu memberikan pelayanan merupakan keharusan bagi setiap pribadi di PT New Ratna Motor & Nasmoco Group.

Kemauan dan komitmen dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan membuahkan suatu pengakuan dengan kami dapatkan apresiasi. Namun demikian kami sadar bahwa apresiasi bukan merupakan tujuan, melainkan kepuasan pelangganlah yang menjadi tujuan sebenarnya dari pelayanan.

Sumberdaya Manusia
PT New Ratna Motor dan Nasmoco Group memandang penting peran SDM dalam memberikan kontribusi bagi kesuksesan bisnis perusahaan sehingga pengelolaan dan pengembangan asset sumber daya manusia merupakan bagian dari langkah strategis dalam upaya mencapai visi dan misi perusahaan. Program-program pengelolaan dan pengembangan SDM didasarkan pada standar kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat bersaing dalam iklim bisnis yang kompetitif.

Salah satu komitmen terhadap pengembangan SDM diwujudkan dengan adanya Training Center sebagai pusat pengembangan kompetensi (Skill, Knowledge & Attitude) di Jl. Raya Kaligawe Km. 5 Semarang dengan luas + 900 m2 dan dilengkapi dengan sarana prasarana pendukung dalam proses belajar dan mengajar.

Proses pengembangan SDM yang dilakukan secara berkesinambungan dengan komitmen yang tinggi, mampu memberikan hasil yang menggembirakan diantaranya kami berhasil menjuarai beberapa kontes tingkat Nasional dan Internasional dalam lingkup Toyota, seperti kontes teknisi Body Paint & Repair, General Repair, Service Advisor, Supervisor serta kontes Kepala Cabang, dll.

Company Sister

PT. ANDALAN PUTRA MOBILINDO
Keinginan pelanggan untuk merasakan Layanan Utuh yang tidak terbatas pada pelayanan penjualan unit baru adalah pendorong kami untuk mendirikan perusahaan lainnya yang In-lina dengan Core bisnis kami.

Untuk itulah kami mendirikan Andalan Group yang bergerak dalam bisnis inti MOBIL BEKAS, Pelayanan Service dan Spare Parts. Andalan Group ini, kami dirikan dengan tujuan utama membantu penjualan Toyota.

Hingga saat ini, Andalan Group sudah memiliki 14 cabang yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Cabang Semarang
Andalan Pandanaran, Andalan Gajah Mada, Andalan Majapahit, dan Andalan Tugu.

Cabang diluar Semarang
Andalan Sutarto-Solo, Andalan Gatot Subroto-Solo, Andalan Jepara, Andalan Purwodadi, Andalan Yogyakarta, Andalan Cilacap, Andalan Purwokerto, Andalan Tegal, Andalan Pekalongan, dan Andalan Weleri.

PT. NASMOCO ANDALAM MULTIDANA
Perusahaan yang bergerak dibisnis leasing yang berfungsi sebagai lembaga pendanaan setiap pembelian unit kendaraan (New/Used Cars dan Trucks) dari Nasmoco Group dan Andalan Group.

PT. AISAN NASMOCO INDUSTRI
Perusahaan ini berlokasi di Cikarang-Jawa Barat dan bergerak dibidang Manufacturing dan Assembling dari Aisan Jepang, yang merupakan afiliasi dari Toyota Motor Corporation Jepang. Salah satu output dari perusahaan ini adalah EFI (Electronic Fuel Injection) dan Charcoal Canister untuk Kijang, Soluna, dan Corolla.

PT. NIRMALA JASA
Perusahaan ini merupakan cabang dari PT. Ing Insurance Jakarta untuk wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Perusahaan ini bergerak di bisnis asuransi, didirikan untuk memback-up dealer-dealer Nasmoco Group.

PT. INDOPARTS UTAMA
Adalah perusahaan yang berlokasi di Sunter II, Jakarta dan menjadi distributor khusus produk DENSO Jepang. Perusahaan ini memiliki jaringan yang terbesar di wilayah Indonesia, terdiri dari 16 dealer spare parts elektronik dan diesel, 10 dealer khusus AC Bis dan spare parts serta 51 dealer injection pump. Dalam perkembangannya, perusahaan ini mengerjakan pemasangan sistem Air Condition dari PT. Toyota Astra Motor dan PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motor.

PT. TOYOTA TSUSHO LOGISTIC CENTER
Adalah perusahaan yang berlokasi di Cibitung Jawa Barat dan bergerak dibisnis EPZ (Export Processing Zone) atau Bondewarehouse.