Toyota Kembangkan Desa Berbasis Pertanian Organik

TAM - CSR - Toyota Organic Village   2 - Copy

Komitmen PT Toyota-Astra Motor (TAM) untuk terus memperluas cakupan kegiatan corporate social responsibility (CSR) di bidang lingkungan seperti program Car for Tree kembali diwujudkan pada awal tahun 2017.

TAM dan Nasmoco Group Rabu siang (8/3) meresmikan pengembangan desa berbasis pertanian organik dan ramah lingkungan dengan melibatkan masyarakat petani di Desa Mlaten, Demak, Jawa Tengah. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah dalam pembangunan Indonesia yaitu untuk memperkuat daerah-daerah dan desa, peningkatan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan produktivitas rakyat serta mewujudkan kemandirian ekonomi.

Dalam program Toyota Organic Village yang sudah dimulai sejak November 2016 ini, Toyota membantu petani untuk mengembangkan pertanian organik dengan dua langkah. Pertama, dalam bentuk pendidikan dan pelatihan pertanian organik (pembuatan pupuk, bibit, dan pestisida), sistem budidaya organik, teknologi pasca panen, dan distribusi dan pemasaran beras organik.

Kedua, bantuan fasilitas alat-alat pertanian, berupa mesin pengering dan penggiling padi, serta mesin pengolah pupuk kompos, sehingga petani mampu memproduksi sarana produksi secara mandiri dan mampu menggunakan alat teknologi tinggi.

Konsep pertanian organik dipilih dengn harapan dapat berkontribusi dalam program pemerintah melestarikan lingkungan, serta menciptakan sistem pertanian yang eco-friendly di tengah munculnya masalah penurunan kesuburan tanah dan polusi air akibat penggunaan bahan kimia pada sistem pertanian konvensional.

 Vice President Director TAM, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa sejalan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond dan Toyota Berbagi, program Toyota Organic Village diharapkan dapat berperan dalam pemberdayaan komunitas masyarakat petani dengan keunggulan lokal melalui pertanian berbasis organik yang manfaatnya sangat besar.

“Terciptanya pola pertanian ramah lingkungan akan berdampak terhadap kualitas lingkungan sekitar yang semakin membaik sehingga mampu mewujudkan masyarakat petani dengan pola agribisnis berkelanjutan untuk taraf hidup yang terus meningkat, “ ujar Henry, dalam peresmian acara Toyota Organic Village di Desa Mlaten, Kabupaten Demak, kemarin.

 Dalam mengimplementasikan program ini, Toyota turut dibantu oleh mitra dan pendamping yaitu Yayasan Arga Citra 23 yang bertindak sebagai profesional.

 

Comment Form