Toyota Forest, Mangrove For Live

Toyota forest

Hutan Toyota Kembali Hadir di Pantai Utara Jawa

-Toyota Grup di Indonesia Tanam Satu Juta Bakau-

Semarang – Toyota  Indonesia bersama dengan perusahaan pemasok yang tergabung dalam Toyota Manufacturers Club (TMClub) dan  Toyota Equipment and Facilities Club (TEFC) serta Nasmoco Group Sabtu pagi (30/01) melakukan penanaman sekitar 110 ribu pohon bakau di Pantai Utara Semarang, tepatnya di sepanjang Pantai Maron sebagai bagian dari Hutan Toyota atau Toyota Forest.

Turut hadir dalam acara penanaman ini, Dirjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung KLH dan Kehutanan, Hilman Nugroho. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, didampingi oleh Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indoesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, Managing Director Nasmoco Group Fatrijanto serta Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, I Made Dana Tangkas.

 Kehadiran Toyota Forest di Pantai Utara Semarang ini melengkapi aktivitas penanaman bakau yang sebelumnya telah dilakukan. Dengan penanaman ini, Grup Toyota di Indonesia telah menanam sekitar satu juta pohon bakau di sepanjang pantai utara Jawa sejak tahun 2012 termasuk di Kepulauan Seribu, Bekasi, Karawang, dan Cikampek. Di tahun 2016 ini, Hutan Toyota juga akan hadir di beberapa wilayah seperti Karawang, Bantul, Demak, Surabaya serta Banyuwangi.

 “Grup Toyota di Indonesia berkeinginan kuat untuk ikut serta dalam upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia, sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaga keharmonisan terutama dengan alam, salah satunya dengan penananaman bakau ini. Kami juga berharap, penanaman bakau ini juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar”, ujar Warih.

Sebuah literatur menjelaskan bahwa Luas hutan bakau Indonesia yang mencapai antara 2,5 hingga 4,5 juta hektar, merupakan hutan bakau terluas di dunia. Melebihi Brazil (1,3 juta ha), Nigeria (1,1 juta ha) dan Australia (0,97 ha). Luas bakau di Indonesia mencapai 25 persen dari total luas bakau dunia. Namun sebagian kondisinya kritis.

Berangkat dari keadaan tersebut, Toyota Indonesia merasa perlu untuk ambil bagian dari upaya pelestarian hutan bakau dengan melaksanakan program penanaman serta perawatan pohon bakau yang berkelanjutan. Selain sebagai pencegah abrasi, bakau juga memiliki kemampuan besar dalam menyimpan dan menyerap karbondioksida yang merupakan salah satu gas penyumbang perubahan iklim.  Selain itu, hutan bakau juga akan mendukung kelestarian biodiversitas laut yang kaya dan melimpah yang dapat memberikan sumbangan nyata bagi masyarakat sekitar.

Sejalan dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh TMMIN, komitmen melestarikan lingkungan juga ditunjukkan oleh Nasmoco Group sebagai dealer resmi Toyota di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto mengatakan, di sela-sela kegiatan bisnisnya, Nasmoco juga tetap memberikan perhatian dan kepedulian pada aspek lingkungan hidup yang menjadi salah satu pilar kepedulian Nasmoco selain aspek pendidikan dan aspek sosial.

“Salah satu diantaranya adalah pelestarian lingkungan dengan penanaman pohon di setiap dealer yang tentunya sejalan dengan aktifitas penanaman mangrove oleh TMMIN di Pantai Maron Semarang, Kendal dan Demak ini”, jelas Fatrijanto

 

Comment Form