Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan Purna Jual Toyota Nasmoco Group Gulirkan Nasmoco Skill Contest (NSC)

20150130_163134

Nasmoco Group sebagai Main Dealer Toyota untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY, menggelar kontes keahlian teknisi kendaraan untuk bodi dan cat antar dealer di tingkat regional dengan nama Nasmoco Skill Contest (NSC) Body and Paint.  

Fatrijanto, Managing Director Nasmoco Group menyebutkan bahwa perkembangan pasar otomotif baik di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta menunjukkan tren pertumbuhan dari tahun ke tahun.  Sejalan dengan kondisi tersebut, kata Fatrijanto, Toyota dan Nasmoco Group berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik sebagai apresiasi atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan terhadap Toyota selama ini, yang tidak hanya dilakukan melalui layanan penjualan, tetapi juga melalui layanan purna jualnya.  Salah satu upaya peningkatan layanan purna jual, menurutnya, dilakukan dengan selalu mengasah kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan setiap teknisi, foreman, maupun service advisor, sehingga dapat memberikan hasil terbaik bagi pelanggan setia Toyota dan Nasmoco Group.

 “Penyelenggaraan NSC yang merupakan bagian dari program Aftersales Service Skill Contest Toyota ini makin menegaskan komitmen Toyota untuk senantiasa memberikan The Best Total Ownership Experience” ucap Suparno Djasmin, Vice President Director PT. Toyota Astra Motor dalam kesempatan terpisah, hari ini.  “Toyota secara konsisten berusaha memberikan pelayanan yang berkualitas dan dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan melalui peningkatan SDM secara berkelanjutan, salah satunya melalui kontes teknisi seperti ini,” sambungnya.

Dijelaskan, peningkatan kualitas layanan secara berkelanjutan merupakan tanggung jawab bersama seluruh SDM Toyota di berbagai lini. Karenanya, program berkelanjutan Aftersales Service Skill Contest seperti NSC ini diharapkan dapat menjadi salah satu tools bagi Toyota Indonesia untuk meningkatkan kualitas SDM dalam menyediakan layanan purna jual kepada para pelanggan setia, sekaligus memilih role model dengan keahlian teknis terbaik.

Apalagi jika mengaitkan NSC dengan makin berkembang dan meningkatnya pasar otomotif di Jawa Tengah dan DIY, termasuk produk-produk Toyota dari tahun ke tahun. Kemampuan para teknisi Toyota sebagai jajaran purna jual dituntut semakin handal untuk bisa memberikan layanan yang optimal bagi para pelanggan yang saat ini makin kritis.

“Melalui NSC ini diharapkan dapat mencetak SDM di area aftersales Nasmoco Group yang mempunyai keterampilan teknis yang handal dan berkualitas, sehingga mampu memberikan pelayanan yang berkualitas bagi para pelanggan setia Toyota,” ujarnya.

 Dengan melakukan standarisasi keahlian secara kontinyu dan meningkatkan kualitas teknisi, Toyota juga semakin siap dan optimis dalam menghadapi kebutuhan dan tuntutan para pelanggan yang makin kritis,” dia menambahkan.

 

 

 

Hari ini, pelaksanaan Nasmoco Skill Contest Body and Paint berlangsung di outlet Nasmoco Kaligawe Semarang yang merupakan bengkel Body and Paint terbesar di provinsi Jateng dan DIY, dengan kapasitas sebanyak 103 stall. Rangkaian kegiatan kontes ini sendiri sudah mulai digulirkan sejak November 2014, dengan mengangkat tema “Industri Jawa Tengah Menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Peserta NSC merupakan para teknisi Body and Paint yang merupakan perwakilan terbaik dari seluruh jaringan bengkel Nasmoco Group di kedua provinsi itu, yang telah lolos seleksi tahap awal. Para teknisi pemenang dari ajang NSC ini berhak mengikuti ASSC tingkat regional yang dikenal dengan Regional Aftersales Service Skill Contest (RSCC).

Kontes diikuti oleh 22 orang teknisi Paint dan 20 orang teknisi Body dari seluruh jaringan bengkel Nasmoco Group. Akhirnya, dalam proses seleksi terpilih 8 teknisi Paint dan 8 teknisi Body yang merupakan perwakilan terbaik dari masing-masing bengkel Nasmoco.

Selain RASCC, Toyota juga menggelar secara rutin kontes tersebut untuk tingkatan nasional (National Aftersales Service Skill Contest/NASSC) yang pesertanya merupakan para teknisi pemenang kontes di RASCC. Acara ini juga dilaksanakan secara tahunan oleh seluruh distributor Toyota di berbagai negara, di mana para pemenang dari setiap negara akan berpartisipasi dalam acara TMC Annual Assembly di Jepang, yang merupakan ajang apresiasi tertinggi untuk Aftersales Service Skill Contes berskala internasional.

Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto, menambahkan bahwa NSC ini bertujuan untuk merangsang semangat bersaing guna meningkatkan pelayanan terbaik bagi para pelanggan setia, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Selama ini, wakil dari Nasmoco Group telah memberikan image yang positif untuk Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan mencatat prestasi di lingkup nasional maupun internasional,” katanya, hari ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut hasil pemenang Nasmoco Skill Contest (NSC) Body & Paint :

Kategori NEA (Nasmoco Emergency Assistance)
1 : Nasmoco Pemuda
2 : Nasmoco Cilacap
3 : Nasmoco Majapahit
Kategori Partsman
1 : Damas Dwijayanto, Nasmoco Wonosobo
2 : Adi Nugroho, Nasmoco Siliwangi
3 : Aditya Wisnu, Nasmoco Pemuda
Kategori Service Advisor
1 : Afit Pribadi, Nasmoco Purwokerto
2 : Dwi Rahman, Nasmoco Slamet Riyadi
3 : Diploma Hadi, Nasmoco Pemuda
Kategori Body Repair
1: Hasyim Wahid, Nasmoco Kaligawe
2 : Purnomo – Nasmoco Magelang
3 : Mufid Kurniawan – Nasmoco Bantul
Kategori Paint Repair
1 : Wahyu Widiana – Nasmoco Kaligawe
2 : Edy Wahyono – Nasmoco RingRoad Solo
3 : Aan Aprilianto – Nasmoco Bantul

Talkshow Kesiapan SDM Indonesia Hadapi MEA

 Dalam pelaksanaan RASCC Jateng dan DIY ini, Toyota Indonesia dan Nasmoco Group juga menggelar talkshow dengan tema kesiapan tenaga kerja Indonesia menghadapi pemberlakuan pasar tunggal Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir 2015 mendatang.  Selain Menristek Dikti, M. Nasir Surya, talkshow ini juga menghadirkan Kepala Dinas Perindustrian & Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Petrus Edison Ambarura yang mewakili Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Managing Director Nasmoco Group Fatrijanto.

Dikatakan Fatrijanto, peningkatan kualitas SDM lokal sangat penting untuk menghadapi era persaingan yang makin kompetitif, khususnya pemberlakuan MEA yang semakin di depan mata. Apalagi otomotif merupakan salah satu industri yang akan terkena dampak langsung dari penerapan MEA ini.

 

 

“Menyikapi hal ini, kami berupaya untuk bisa membantu dengan mempersiapkan karyawan yang kompeten dan berpola pikir engineer di dunia otomotif sebagai salah satu industri yang akan langsung terkena dampak penerapan MEA. Dan melalui talskhow ini, kami berharap dapat menjadi sarana informasi yang efektif mengenai pentingnya peningkatan kualitas SDM Indonesia dalam menghadapi MEA, tidak terkecuali  SDM aftersales di bidang otomotif,” tutup Fatrijanto.

Comment Form