PEMBERIAN BANTUAN FASILITAS SARANA PRASARANA KEPADA SMK N 2 SEMARANG, SEBAGAI FINALIS TOYOTA ECO YOUTH 7

Toyota Eco Youth Nasmoco 2014

Program Toyota Eco Youth (TEY) yang merupakan lomba antar sekolah SMU dan sederajat untuk membangun program memperbaiki lingkungan sekitar sekolah, telah memasuki tahun kedelapan. Selama perjalanannya, Toyota Eco Youth bertujuan untuk membangun mindset generasi muda untuk perbaikan lingkungan secara berkesinambungan. Di tahun kedelapan ini, Toyota Eco Youth mengusung konsep “Green GEOneration” yang akan lebih fokus kepada pemecahan masalah yang bersifat inovatif di lingkungan sekolah dan sekitarnya.

 

Toyota Eco Youth pertama kali dilaksanakan pada tahun 2005 dengan tujuan untuk menjadikan generasi muda di Indonesia menjadi generasi dengan green mindset yang memiliki kepedulian besar terhadap permasalahan lingkungan hidup serta menciptakan sekolah – sekolah model sebagai pembelajaran lingkungan dibawah bimbingan para ahli yang dapat memberikan hasil yang positif.

 

Selama tujuh tahun berlangsung sejak 2005 – 2012 lalu, Toyota Eco Youth mengusung konsep impelementasi dari 3R + 1R (reduce, reuse, recycle, dan replace) dalam area sekolah yang dimaksudkan untuk menimbulkan kontinuitas program serta memberikan efek domino untuk peningkatan kesadaran dan kepedulian akan lingkungan hidup. Selama perjalanan Toyota Eco Youth hingga ketujuh kalinya, program ini telah melibatkan 355 sekolah yang tersebar di 16 kota besar di seluruh Indonesia.

 

Dengan  mengusung konsep “Green GEOneration”, siswa – siswi ini akan diajarkan cara memecahkan masalah lingkungan sekolah melalui project yang dimentori oleh pakar lingkungan serta manajemen Toyota. Melalui tema dan konsep baru ini, diharapkan akan memberikan apresiasi kepada siswa pelajar yang turut melahirkan inovasi terhadap penanggulangan masalah lingkungan di sekolah.

 

Tidak hanya dalam bentuk lomba antar sekolah, Program Toyota Eco Youth juga memberikan penghargaan kepada finalis Program Toyota Eco Youth yang lalu atau program TEY ke-7, yaitu 22 Sekolah yang mendapatkan nilai diatas 75. Salah satunya adalah SMK Negeri 2 Semarang yang mendapat penghargaan tersebut dalam bentuk fasilitas belajar di kelas yang yang dibangun oleh Toyota dan dinamakan Toyota Eco Gallery. Adapun tujuan Toyota Eco Gallery ini untuk memacu dan membantu proses belajar siswa di sekolah, terutama yang menyangkut lingkungan. Fasilitas senilai 200 juta rupiah ini termasuk kedalamnya adalah komputer dan akses Internet, ruang belajar bersama dengan fasilitas infocus dan screen, perpustakaan dilengkpai dengan buku, minilab, dan sarana pendukung lainnya.

 

Bantuan fasilitas dari Toyota Eco Youth ini secara simbolis diserahkan oleh Fatrijanto, Managing Director Nasmoco Group, Authorized Toyota Main Dealer Jawa Tengah dan DIY kepada Kepala Sekolah SMK N 2 Semarang, Drs.Edi Drajat W, M.Pd disaksikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Minggu (19/1) bersamaan dengan Rapat Koordinasi Kepala Sekolah SMK se-Jawa Tengah di Atria Hotel & Convention Center Magelang

Comment Form