Toyota i-Road, Inovasi Kendaraan Hemat Energi

7801ea5d1e

Sebuah Personal Mobility Vehicle (PMV) hasil kreasi Toyota yang diberi nama i-Road akhirnya menjalani debutnya pada Jenewa Motor Show 2013.

i-Road hadir dengan penggerak listrik, berwujud ringkasi dengan tiga buah ban. Pengemudi nggak perlu menurunkan salah satu kaki dalam menjaga keseimbangan. Baterai yang digunakan adalah lithium-ion untuk menggerakan 2KW mesin yang dipasangkan di roda depan. Pengisian baterai selama tiga jam, dengan daya jelajah mencapai 30 mil (48,2 km).

Berdimensi panjang 2.350mm, tinggi 1.445mm, dan jarak sumbu roda 1.700mm. Lebarnya hanya 850mm, tidak lebih besar dari sepeda motor biasa. Ini menjadikannya sangat mudah bermanuver di kota dan juga mencari lahan parkir.

Toyota i-Road dapat membawa dua orang penumpang, posisinya berada di bawah atap pelindung, layaknya sebuah kabin. Memungkinkan penumpangnya tidak memerlukan helm seperti menaiki sebuah motor.

Fungsinya pun lebih mirip sepeda motor karena irit bahan bakar, mudah untuk parkir, dan gampang dipakai berpergian. Namun Toyota i-Road memiliki kelebihan di tingkat kenyamanan karena kedua penumpangnya terlindung dari faktor cuaca.

Toyota-I-road-Nasmoco-Jawa-Tengah-Yogyakarta

Fitur Active Clean secara otomatis akan mengatur titik keseimbangan dan akan memudahkan ketika bermanuver ataupun berkendara ketika hujan. Toyota memprediksi i-Road akan berperan penting untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara. Beda dengan transportasi massal, kendaraan ini dapat menjawab pertanyaan akan kebutuhan transportasi dalam perkotaan.

Mobil-Toyota-Jawa-Tengah-Nasmoco-Semarang-Yogyakarta

 

4 Comment to “Toyota i-Road, Inovasi Kendaraan Hemat Energi”

  1. lestari says:

    konsepnya bagus, sepertinya lebih nyaman yang roda empat, kalau ada yang bahan bakar bensin tapi irit penggunaan seperti motor Honda. Kecepatan ditambah maksimum sampai 60 km/jam. Harga murah, perawatan mesin seperti perawatan pada sepeda motor.

  2. rahmad says:

    sy setuju dengan masukan mbak lestari, kalo bisa bahan bakarnya bensin tp irit seperti sepeda motor dan perawatannya mudah dan yg pasti harganyapun murah (terjangkau utk gol menengah kebawah).

  3. lamanda says:

    keren ni mas,,, harga nya brapa??

  4. ega says:

    ini berbahan bakar listrik bukan ya?

Comment Form