Tips Perawatan Mobil Saat Musim Panas

summer-car-maintenance-11

NASMOCO-Summer time is travel time  mungkin ungkapan ini bukan berasal dari negara kita Indonesia yang tidak mengenal liburan musim panas seperti negara-negara lain di Eropa,Amerika dan Sebagian Asia. Tetapi untuk anda pengendara mobil tentu lebih menyenangkan bepergian di musim panas daripada di musim penghujan.

Sebelum anda bepergian di musim panas, anda bisa melakukan beberapa perawatan dan pencegahan sebagai berikut;

1. PERIKSA TEKANAN BAN

Ban adalah bagian yang sangat penting dari mobil sekaligus bagian yang paling kurang diperhatikan pengguna mobil, menurut penelitian hanya 1 dari 10 pengguna mobil yang memeriksa tekanan angin pada ban mobilnya dengan benar. Padahal di saat musim panas tekanan angin pada ban bisa bertambah mulai 1-2 PSI(pounds per square inch) setiap 10 derajat peningkatan suhu di luar kendaraan. Jika keadaan tersebut dibiarkan maka bisa menyebabkan ban pecah.

Dan ingat untuk selalu membawa cadangan ban yang layak, karena percuma anda membawa ban cadangan jika keadaan ban cadangan anda sudah tidak layak dipakai.

2. Periksa Oli dan Filter Oli

Oli seperti darah yang mengalir dalam mesin membuat mesin anda tetap segar dan bersih, mungkin dalam buku pedoman dianjurkan mengganti oli setiap 12.000 km atau beberapa merk oli terkemuka menyarankan mengganti oli setiap 3000-4000 km. Faktanya saat musim panas dan anda seringkali berpergian di luar kebiasaan anda, maka akan menyebabkan mesin anda lebih panas dari biasanya bahkan overheat. Jadi lebih baik periksa Oli dan Filter Oli anda sebelum bepergian.

3. Periksa Selang

Kunci utama dalam bepergian selama musim panas adalah mesin yang dingin, untuk mempertahankan itu anda harus memastikan radiator bekerja dengan semestinya. salah satunya dengan memeriksa selang pengjubung radiator ke mesin. Periksalah selang dari retakan dan kebocoran, karena selang sering mengalami pengikisan karet bagian dalam yang menyebabkan keretakan dan kebocoran.

4. Periksa Saringan Udara

Saat saringan udara anda penuh debu itu akan mempengaruhi efisiensi bahan bakar mobil anda, maka dianjurkan untuk menganti saringan udara setiap 19.300 km, tapi ini dipengaruhi dari medan anda berkendara karena pada jalan yang berdebu akan mempercepat kotornya saringan udara dari pada anda berkendara di jalan aspal.

5. Periksa Keadaan Rem

Rem adalah aspek yang sangat penting untuk anda dan keluarga saat berkendara, sebaiknya anda memeriksa rem anda secara berkala atau jika anda sudah mengalami situasi dibawah ini:

- Pedal rem anda terasa sangat empuk

- Pedal rem terasa keras

- Posisi pedal terlalu rendah/ tinggi

- Ada suara-suara tidak wajar saat pengereman

Yang harus diperhatikan tidak selamanya rem bersuara berarti ada yang salah dengan rem anda, ada alasan bervariasi untuk itu. Tetapi  yang harus anda waspadai adalah suara rem seperti gesekan besi atau metal karena bisa merusak bagian dari rem mobil anda.

 

Comment Form