Tips Meredam Sinar Matahari Yang Menyilaukan (Sun-Dazzle)

sunglare

Jika anda membaca laporan “Reported Road Casualties in Great Britain: 2012 Annual Report” mungkin anda akan menumukan satu hal yang menarik dalam laporan Departemen Transportasi Inggris ini, yaitu kecelakaan yang disebabkan oleh sinar matahari yang menyilaukan mata pengemudi (sun-dazzle) meningkat 12 persen pada 2012.

Masih dari sumber yang sama, kecelakaan akibat pengemudi terkena sinar matahari yang menyilaukan pada 2011 tercatat 2.592 kasus. Sementara pada 2012 meningkat menjadi 2.905 kasus.

Di Indonesia memang belum ada data seperti ini, padahal ini negara tropis dengan sinar matahari yang berlimpah nyaris setiap hari. Di sini mengemudi di saat posisi matahari rendah atau sejajar dengan pandangan pengemudi hal yang sering dialami, khususnya kaum komuter yang berangkat atau pulang kerja.

Celakanya lagi, dalam kondisi ini kaca depan mobil kotor. Entah terkena debu, minyak atau kotoran lainnya. Kombinasi sinar matahari yang datang dan kaca depan yang kotor bisa mereduksi jarak pandang pengemudi.

Untuk mencegah hal tersebut, ada 3 hal penting yang mesti dilakukan:
1.    Biasakan semua kaca mobil (depan, belakang, dan samping) alam kondisi bersih, baik sisi luar mau pun dalam.
2.    Bila kaca depan berdebu atau kotor, jangan segan membersihkan menggunakan air yang tersimpan di washer reservoir dan wiper.

3.    Simpan sunglasses di mobil. Gunakan bila mesti mengemudi di saat posisi matahari rendah.

 

Comment Form