Orang Indonesia beli Mobil Toyota sebanyak 400.000

Toyota Jogjakarta

Nasmoco – Toyota masih berada di puncak singgasana penjualan mobil nasional 2012. Mereka membukukan penjualan sebanyak 405.414 unit atau naik 30,5 persen dibandingkan dengan 2011.

Menurut Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, pencapaian ini suatu prestasi bagi Toyota, karena tahun lalu merupakan salah satu tahun yang penuh tantangan bagi pasar otomotif nasional.

Sejumlah faktor seperti kebijakan terkait dengan down payment (DP) dan wacana pembatasan BBM, dicemaskan bisa menahan laju permintaan di pasar. Lalu bagaimana Toyota bisa mentagasi semua persoalan itu?

“Keberhasilan yang diraih Toyota sepanjang tahun lalu tidak terlepas dari kepercayaan dan kesetiaan para pelanggan atas produk, teknologi, dan layanan yang selalu diutamakan Toyota, mulai dari pra jual hingga purna jual,” kata Johnny.

Johnny menyebutkan penjualan sepanjang tahun lalu ditutup dengan torehan 34.427 unit pada Desember 2012. Penjualan di bulan terakhir tahun lalu, meningkat 41,9 persen dibandingkan dengan penjualan Desember 2011, yakni 26.076 unit.

Pertumbuhan terbesar dicapai segmen compact car, berkat salah satu line up andalan, Toyota Yaris. Di segmen ini, total penjualan Toyota tercatat sebanyak 27.811 unit atau tumbuh 69 persen dibandingkan dengan 2011 sebanyak 16.454 unit.

Di susul segmen sedan yakni Vios, Corolla, Camry, maupun 86. Segmen sedan membukukan pertumbuhan 47,9 persen dengan total penjualan 19.363 unit.

Sementara itu, segmen MPV yang diwakili Avanza, Kijang Innova, NAV1, dan Alphard, menguatkan posisinya sebagai tulang punggung penjualan. Sepanjang tahun lalu, segmen ini tumbuh 22,7 persen dengan total penjualan 266.705 unit.

Toyota sebagai market leader di segmen MPV nasional juga menambah line up baru yakni NAV1. Kendati baru diluncurkan pada pekan kedua Desember 2012, mobil bergaya boxy itu membukukan penjualan 40 unit pada bulan pertama peluncurannya.

Di segmen SUV, Toyota mencatatkan pertumbuhan 43,9 persen pada 2012 dengan total penjualan 53.724  unit. Di segmen ini, Toyota Rush melanjutkan posisinya sebagai tulang punggung dengan total penjualan 34.033 unit.

Secara total, penjualan Toyota di segmen kendaraan penumpang sepanjang tahun lalu tercatat sebanyak 369.195 unit atau tumbuh 29,4 persen dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya yang mencapai 285.282 unit.

Sedangkan di segmen komersial, yaitu pick up yang diwakili Toyota Hilux tumbuh 50,7 persen dengan total penjualan 12.580 unit. Adapun kendaraan niaga 2 ton, Toyota Dyna, membukukan penjualan total 23.079 unit atau tumbuh 35,4 persen dibandingkan dengan 2011.

Sementara itu, commercial van Toyota HiAce yang baru diluncurkan pada kuartal IV 2012, mendapatkan respon positif dari pasar dengan torehan penjualan 560 unit.

Comment Form