Yaris HSD Jadi Mobil Bensin-Listrik Pertama di Kelasnya

toyota-yaris-hsd-1_653

Anda mungkin masih ingat saat Toyota memperkenalkan konsep mobil Yaris HSD kepada publik di ajang Geneva Motor Show. Nah, kini tepat setahun kemudian mobil yang dulunya masih sebatas konsep, kini telah hadir dalam model produksi yang siap mengaspal dan menjadi pemimpin di kelanya.

Dengan mengadopsi model standar pasar Yaris di Eropa, Toyota mengatakan bahwa konsep Yaris HSD (Hybrid Synergy Drive) ini memadukan garis-garis lekukan mobil hybrid Toyota pada umumnya, dengan elemen desain mobil hatchback Toyota di masa depan. Oleh sebab itu, tak usah heran jika mobil yang satu ini tampil dengan gaya yang lebih sporty.

“Dengan tampilan front fascia anyar, disertai velg aerodinamik 18-inci, membedakan Yaris HSD ini berbeda dengan model Yaris pada umumnya,” ujar Toyota, dikutip dari laman Left Lane News, beberapa waktu lalu.

Seperti konsep mobil pada umumnya, Toyota Yaris HSD ini juga terbalut dalam skema cat yang unik dan memiliki beberapa item gaya non-produksi seperti lampu LED dan cermin camera rear view. Menariknya, ketika Yaris HSD selesai diproduksi pada tahun ini, mobil ini ternyata menjadi mobil bertenaga bensin-elektrik pertama yang ditawarkan di kelasnya. Pasalnya, kompetitor seperti Honda Fit/Jazz Hybrid bukanlah produk yang dipasarkan secara global.

Toyota juga menambahkan bahwa Yaris HSD ini akan menggunakan mesin yang sama digunakan oleh Prius C yakni 1.5-liter Atkinson Cycle Hybrid yang akan menghasilkan kekuatan mencapai 89 hp. Mobil hatchback itu sendiri dikabarkan akan dibangun di pabrik Toyota di Valenciennes, Perancis.

Comment Form