Wah, Scion iQ EV di Eropa Hanya Disewakan, Tidak Dijual

Toyota-iQ-EV-e1339504685258

Produsen mobil raksasa asal Jepang, Toyota, beberapa waktu lalu sempat mewacanakan untuk menguji sebuah mobil EV iQ di Eropa. Tapi hal itu sedikit yang terungkap ketika iQ listrik dirilis di pasar Amerika Utara. Ya, mobil mungil yang berada dalam logo Scion di pasar Amerika Utara itu sayangnya tidak dapat dibeli, melainkan hanya bisa disewakannya saja peminatnya.

Ya, dikutip dari laman Autoguide beberapa waktu lalu, Scion iQ EV tidak akan bisa dipesan untuk dimiliki, melainkan hanya bisa dipesan untuk disewa. Craig Taguchi, Scion Public Relations, mengatakan bahwa perusahaannya memang sengaja menyewakan Scion iQ EV ini sebagai armada transportasi perusahaan-perusahaan.

Menurut Craig Taguchi, hal ini akan memberikan kemampuan konsumen reguler untuk menyewa iQ dalam waktu yang terbatas. Sementara itu, Taguchi juga mengatakan bahwa pihaknya pun akan membatasi Scion iQ yang tersedia dalam jumlah terbatas, yakni dibawah 1000 unit.

Sebagai catatan, pabrikan mobil milik Akio Toyoda ini terus berupaya mengembangkan kendaraan bertenaga listrik dengan Tesla Motors. Scion iQ EV kabarnya akan menggunakan motor elektrik dan battery sistem yang dikembangkan oleh para insinyur Toyota, sementara SUV RAV4 EV yang akan datang adalah hasil kemitraan dengan Tesla.

Scion iQ EV sendiri merupakan kendaraan dengan tenaga listrik yang punya jangkauan tidak lebih dari 50 mil. Mobil mungil ini cocok sebagai kendaraan dalam kota dengan jarak yang pendek. Bobotnya ringan, pusat gravitasi rendah, dan radius putar minimum 3,9 meter memudahkan pengendalian mobil yang satu ini di tengah kemacetan.

Di bagian dapur pacu, Scion iQ EV mengusung mesin 1.3-liter empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 94 hp dengan torsi puncak mencapai 89 lb-ft.

Comment Form