Toyota total konsentrasi pengembangan mobil listrik

toyota Ft ev iii

Konsumsi bahan bakar minyak memang sulit dikurangi. Namun kalaupun seandainya itu terjadi memang perlu dilakukan pengalihan energi sehingga konsumsi tersebut bisa berkurang sedikit demi sedikit. Kalaupun ada solusi yang tepat menggantikannya yaitu dengan kendaraan listrik.

Sekalipun nama Toyota menjadi yang terdepan di kendaraan roda empat hibrid, secara umum itu membuatnya tak beralih dan tak tertarik untuk mengembangkan bisnis kendaraan listrik. Namun tak dinyata, perusahaan ternama tersebut pada acara Tokyo Motor Show ternyata menampilkan FT-EVII, konsep kendaraan bertenaga listrik. Tentu ini menjadi sebuah kejutan yang tak terbayangkan selama ini.

Dengan teknologi buatannya sendiri, pihak Toyota mengembangkan platform iQ dan komponen-komponen khusus dari sistem Synergy hibrid-nya. Walaupun kendaraan tidak untuk dijual di Amerika, kendaraan yang menggunakan bensin yang diproduksi oleh Toyota iQ sangat laris manis di pasaran Jepang dan Inggris. Kali ini pihak Toyota mencoba menggunakan teknologi baterai lithium-ion untuk kendaraan listrik FT-EVII buatannya.

Saat ini memang sedang banyak dikembangkan kendaraan bertenaga listrik, seperti halnya pada Nissan Leaf dan juga Mitsubishi iMiev yang dapat berjalan sejauh 100 mil. Sedangkan untuk kali ini pihak Toyota baru mampu mencapai jarak 56 mil saja dengan kecepatan 62 m/jam. Keterbatasan jarak ini sangat cocok untuk kondisi kota metropolitan seperti di Tokyo, London dan New York.

Toyota juga ingin merubah penampilan kendaraannya yang masih terlihat seperti biasa, makanya pada akhirnya perusahaan tersebut bereksperimen dan mendandani kembali posisi pedalnya dan stir-nya. Memang kelihatan tidak biasa dan berbeda sekali dengan sebelumnya. Hmmm, semakin ramai saja ya kendaraan listrik, semoga nantinya kendaraan-kendaraan seperti ini akan lebih banyak berkembang, tak terkecuali di Indonesia.

            

Comment Form