Toyota Siapkan Lampu Depan Khusus Anti Kecelakaan

toyota-ns4-concept-car-teaser-right-headlamp-closeup-623x415

Pelopor kendaraan Hybrid di dunia kembali membuat suatu teknologi anyar guna meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan. Adalah Toyota yang kini dikabarkan tengah mengembangkan sebuah lampu depan khusus yang mampu mengurangi potensi tabrakan dengan pejalan kaki pada malam hari.

Dilaporkan laman Caradvice beberapa waktu lalu, Toyota sedang mengembangkan Advanced Headlight System (AHS), sebuah lampu yang secara otomatis akan berada pada mode lampu jauh ketika sedang melewati jalanan yang gelap. Lampu khusus besotan Toyota itu juga mampu secara otomatis menghalangi cahaya yang menyilaukan dari kendaraan di depan, sambil menjaga sisi jalan tetap diterangi.

Teknologi ini merupakan langkah maju yang dibuat Toyota dalam sistem auto high-beam yang kabarnya sudah diterapkan pada generasi anyar New Toyota Camry. Sistem teknologi keamanan ini sedang dikembangkan lebih lanjut di kantor pusat Toyota R&D di Jepang. Sistem ini dirancang untuk menyelamatkan pejalan kaki yang rentan tertabrak kendaraan pada malam hari.

Lampu khusus ini menggunakan semacam iris (shutter) yang bisa memunculkan titik hitam untuk menangkis sorotan lampu kendaraan dari arah berlawanan. Tapi titik hitam ini tak menghalangi sorotan lampu mobil kita ke arah depan jalan.

Toyota juga menambahkan, teknologi anyarnya ini akan bekerja pada jalan lurus maupun jalanan berkelok-kelok. Perusahaan juga mengakui bahwa sistem canggihnya ini masih sedikit kesulitan dengan beberapa benda di pinggir jalan dan juga tidak cukup canggih untuk menon-aktifkan lampu untuk menghindari pejalan kaki yang pada sisi jalan.

“Saat ini AHS fokus untuk melindungi pengendara. Toh efeknya untuk menghindari kecelakaan pejalan kaki juga masih ada,” ujar Asisten Manajer Sistem Pencahayaan Toyota, Fujiyoshi Satoshi.

Comment Form