Toyota siapkan 4 model mobil baru

Toyota

Toyota akan meluncurkan empat model mobil baru di dalam kurun waktu empat tahun, seiring dengan bertambahnya kapasitas produksi di Indonesia.

“Kami berencana memperkenalkan empat atau lebih model mobil baru selama empat tahun ke depan,” kata Eksekutif Wakil Presdir Toyota Motor Corp (TMC) Yukitoshi Funo.

Funo mengatakan model baru tersebut untuk segmen kendaraan penumpang yaitu sedan dan hatcback (sedan buntung) yang juga merupakan produk global Toyota. Selain itu, kata dia, TMC juga merencanakan penambahan kapasitas pabriknya melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, yang saat ini berkapasitas produksi sekitar 110 ribu unit mobil per tahun.

“Kami berencana meningkatkan produksi di Indonesia menjadi 300 ribu unit dalam waktu dekat,” ujar Funo. Rencana detail penambahan investasi tersebut, kata dia, masih akan dibahas lebih lanjut.

TMC, kata Funo, menilai pasar mobil di Indonesia sangat prospektif dan mungkin berkembang lebih pesat seiring pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

“Kalau melihat perekonomian Indonesia yang pertumbuhannya terus meningkat, dengan jumlah penduduk sekitar 240 juta orang, penjualan mobil sebanyak satu juta unit masih kurang,” ujarnya.

Ia optimistis dengan pasar mobil di Indonesia akan semakin meningkat seiring peningkatan pendapatan dan pertumbuhan jumlah kelas menengah di negeri ini.

“Bila Jepang dengan penduduk sebesar 120 juta saja, penjualan mobil mencapai empat juta unit, maka seharusnya penjualan mobil di Indonesia dua kali dari Jepang yaitu delapan juta unit,” katanya.

Oleh karena itulah, menurut Funo, TMC menilai Indonesia sebagai pasar dan basis produksi yang penting bagi Toyota. Apalagi, kata dia, pemerintah Indonesia juga telah menyadari pentingnya pembangunan infrastruktur.

“Kalau infrastruktur jalanan baik, maka industri otomotif semakin berkembang,” ujarnya.

Ditambahkan Presdir TMMIN Masahiro Nonami, saat ini Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar Toyota di dunia, setelah Amerika Serikat, Jepang, dan China.

“Jadi kontribusi Indonesia bagi Toyota sangat besar,” katanya. Pada 2013-2014, menurut Nonami, tanpa lembur, kapasitas produksi Toyota akan mencapai 230 ribu unit mobil per tahun.

Comment Form