Toyota Resmi Luncurkan Aqua di Jepang

Toyota Aqua-1

Toyota Motor Company (TMC) memenuhi janjinya untuk segera meluncurkan salah satu mobil hatchback anyarnya sebelum pergantian tahun 2011. Ya, seperti dilaporkan laman Worldcarfans beberapa waktu lalu, pabrik mobil besutan Akio Toyoda ini resmi meluncurkan Toyota Aqua di Jepang pada 27 Desember 2011.

Dikenal dengan nama Toyota Prius C di pasar internasional, Aqua sengaja didesain untuk memenuhi ekspektasi generasi muda di Jepang yang saat ini perhatian terhadap otomotifnya semakin berkurang. Toyota Aqua juga dikenal sebagai mobil generasi Prius yang paling kecil dan lebih murah dibanding mobil Prius lainnya.

Toyota Aqua sendiri mengusung mesin 1.5-liter THS II (Toyota Hybrid System) yang mampu menyemburkan kekuatan hingga 100 PS (98 bhp/73 kW). Pada bagian mesin berbahan bakar bensin, Aqua juga sudah mengadopsi fitur EGR (Exhaust-Gas Recirculation) yang mampu meningkatkan efisiensi rasio mesin. Selain itu, Toyota Aqua juga dikenal sebagai mobil hatchback yang irit bahan bakar yakni 35.4 km/liter.

Toyota Aqua memiliki ukuran 4.3-inci lebih kecil dari Honda Fit. TMC membanderol mobil barunya ini seharga US$ 21,700 atau setara Rp 196,2 jutaan, dengan target penjualan 12,000 unit per bulan di Jepang.

Sementara itu, bersamaan dengan peluncuran Aqua, TMC juga mengumumkan peluncuran Aqua versi TRD dan Modellista aftermarket. Toyota Aqua versi TRD memiliki beberapa fitur tambahan seperti bemper depan yang direvisi lebih rendah dengan lampu LED, side skirt, bemper belakang yang lebih rendah dengan gaya diffuser. Selain itu, versi TRD Toyota Aqua juga sudah dilengkapi dengan satu set roda baru dengan peredam kejut yang lebih baik.

Sedangkan untuk paket Modellista, fitur tambahan yang diusung hampir sama dengan versi TRD tapi dengan dua versi. Masing-masing dengan 5 potong body kit yang terdiri dari apron depan dan belakang, side skirt, dan spoiler atap. Juga tersedia suspensi uprated dan muffler.

Comment Form