Toyota Prius Jadi Mobil Patroli di Berlin

Prius Patrol Car Belin-2

Pihak aparat seperti Kepolisian di beberapa negara sepertinya kini mulai menerapkan langkah aktif untuk mendukung gerakan mengurangi kandungan gas emisi dalam udara. Setelah Kepolisian Perancis sempat menggunakan kendaraan berbasis listrik sebagai mobil patrolinya, kini giliran Kepolisian Berlin di Jerman yang mulai menerapkan hal serupa lewat Toyota Prius.

Dilaporkan laman Autoevolution beberapa waktu lalu, pabrikan mobil asal Jepang itu kini tengah menjalin kerjasama dengan Kepolisian Berlin untuk memperkenalkan armada mobil patroli ramah lingkungan. Toyota menawarkan tiga Unit Prius sebagai bagian dari program yang dinamakan “Initiative 120”, yang bertujuan untuk mengurangi karbon di jalanan Jerman.

Langkah pertama dari program ini dimulai ketika Toyota menawarkan 11 kendaraan ramah lingkungan. Tak hanya Prius, Kepolisian di Berlin juga menggunakan mobil sejenis dari merek lain seperti Opel Ampera, sedan Renault Fluence Z.E, serta Mitsubishi i-MiEV.

“Kami sengaja menggunakan kendaraan-kendaraan ramah lingkungan tersebut sebagai mobil patroli dengan tujuan untuk membantu pencapaian emisi karbondioksida di bawah 120 gr/km,” ujar juru bicara Kepolisian, dikutip dari laman yang sama.

Ini merupakan sebuah langkah maju dimana Kepolisian menunjukkan keseriusannya kepada masyarakat untuk mengajak secara langsung penggunaan kendaraan-kendaraan ramah lingkungan. Mudah-mudahan, inisiatif brilian ini juga bisa diterapkan di Tanah Air, dimana pihak keamanan pun menunjukkan kepada warganya secara langsung dengan contoh nyata bahwa memelihara keasrian bumi ini adalah tanggung jawab bersama.

Comment Form