Toyota Prius Duduki Peringkat Tiga Sebagai Mobil Paling Laku di Dunia

2012 Toyota Prius family - (left to right) Prius, Prius v and Prius c

Toyota Prius telah berhasil menembus posisi ke-3 di belakang Toyota Corolla dan Ford Focus sebagai mobil paling banyak dibeli pada kuartal pertama tahun 2012. Menurut data yang dirilis dari Bloomberg, 237.230 unit model Prius telah terjual di seluruh pasar di dunia, di belakang For Focus yang berhasil menjual 277.000 unit kendaraannya dan Toyota Corolla yang berhasil menjual 300.800 unit.

Menurut laman Caradvice, hal ini merupakan berita bagus bagi produsen mobil asal Jepang tersebut, terlebih belakangan ini Toyota tengah dihadapkan dengan lambatnya teknologi hybrid, bencana alam tahun lalu, dan isu recall. Total penjualan itu juga termasuk penjualan Toyota Prius C dan Prius V yang dijual di Australia.

Dengan penjualan di pasar Amerika Serikat naik 42 persen selama tiga bulan pertama tahun ini, laporan dari laman Automotive News bahwa permintaan Prius bisa mencapai 250.000 unit tahun ini menciptakan isu potensial bahwa sebanyak 220.000 unit dialokasikan untuk pasa Amerika. Tapi, persoalan surplus permintaan ini merupakan salah satu kabar gembira juga buat Toyota.

Sementara itu, Toyota Australia sendiri berhasil menjual 292 model Prius konvensional selama empat bulan pertama pada tahun ini. Menurut Toyota Australia, pihaknya mengalami kenaikan 30 persen dibanding tahun sebelumnya. Sementara itu, Prius C yang diaspalkan pada April lalu juga tercatat sudah 405 unit hingga saat ini.

Comment Form