Toyota Prius Disetujui Sebagai Mobil Ramah Lingkungan di California

2012_toyota_prius_v_3

Kabar gembira datang dari perusahaan manufaktur mobil asal Jepang, Toyota, dimana salah satu kendaraan hybrid mereka dinyatakan sebagai mobil ramah lingkungan di California, Amerika Serikat. Ya, Toyota dengan mobil model Prius-nya dinyatakan lolos/memenuhi standar sebuah program ramah lingkungan di California yang bernama California’s Clean Vehicle Rebate Program (CVRP).

Seperti dilaporkan laman Hybrid Cars beberapa waktu lalu, CVRP itu sendiri adalah program yang dilakukan pemerintahan California sebagai wujud peduli lingkungan (go green) dengan cara membatasi mobil-mobil yang memiliki tingkat pencemaran yang tinggi.

Toyota Prius juga dinyatakan memenuhi syarat untuk stiker jalur HOV California untuk akses solo/tersendiri. Seperti yang diketahui, Prius sendiri memiliki tenaga dari baterai ion-litium 4.4-kwh. Mobil ramah lingkungan ini juga hanya membutuhkan waktu 2.5 – 3 jam untuk pengisian ulang penuh.

Toyota juga mulai menerapkan sistem pembatasan pengiriman mobil ke beberapa dealer di Amerika mulai 2012, dengan ketersediaan nasional dijadwalkan untuk 2013. Sebagai informasi, di Amerika sendiri baru ada 14 negara bagian yang memiliki ketersediaan Prius yakni California, Oregon, Washington, Maine, Massachussets, Vermont, New Hampshire, Rhode Island, Connecnticut, New York, New Jersey, dan Virginia.

Sementara itu, Toyota membanderol Prius Plug-In Hybrid di Amerikan dengan harga sekitar US$ 32,000 atau setara Rp 290,6 jutaan. Harga itu sudah termasuk penyedian fitur-fitur canggih seperti Premium HDD Navigation, operasi aplikasi mobil lewat Smartphone, Head-up Display, Dynamic Radar Cruise Control, dan sebagainya.

Comment Form