Toyota Prius C, Irit Tapi Tidak Signifikan Dari Pendahulunya

Prius C-1

Digadang-gadang menjadi mobil hatchback paling irit dalam keluarga Prius, ternyata Toyota Aqua tidak lebih efisien dalam menyerap bahan bakar. Ya, mobil yang di pasar internasional lebih dikenal sebagai Toyota Prius C ini dinilai memiliki keefisienan penyerapan bahan bakar yang tidak terlalu signifikan dengan Prius reguler lainnya.

Dilaporkan laman Caradvice beberapa waktu lalu, Toyota Australia telah melakukan ujicoba terhadap Prius C untuk mengukur tingkat keiritan penyerapan bahan bakarnya. Dari ujicoba tersebut, Prius C ternyata mampu menempuh 100 km dengan konsumsi bahan bakar 3.7 liter.

Angka ini menunjukkan bahwa Prius C memang menjadi mobil paling irit dari Prius lainnya yang mampu menempuh 100 km dengan konsumsi bahan bakar 3.9 liter. Tapi, jika kita amati, angka tersebut tidak terlalu signifikan terhadap mobil yang akan mengaspal bulan Maret/April di Australia itu.

Diketahui, hingga kini Toyota Australia sengaja masih merahasiakan model produksi dari Prius C yang sebentar lagi akan mengaspal di Negeri Kangguru tersebut. Tapi menurut sumber yang dikutip dari laman yang sama, sebagai mobil hybrid, Prius C akan tetap menggunakan mesin gabungan yang mampu mengeluarkan kekuatan hingga 74 kW dari mesin 4-silinder 1.5-liter ‘Atkinson Cycle’ serta sebuah elektrik motor.

Sayangnya, di Australia, Prius C ini masih sedikit dibawah rivalnya yakni Ford Fiesta Econetic yang berhasil menempuh jarak 100 km dengan konsumsi bahan bakar 3.6 liter saja. Tapi dari segi keramahan lingkungan, Prius jauh lebih unggul karena menggunakan teknologi hybrid, sementara Ford masih menggunakan mesin diesel.

Sementara itu, sebuah kabar gembira datang seiring rencana Toyota yang akan segera meluncurkan versi besar dari Prius yakni Prius V yang akan diperkenalkan pada kuartal kedua tahun 2012. Nantikan laporan lebih lanjutnya.

Comment Form