Toyota Prius 2015 Akan Lebih Ringan & Lebih Irit BBM

Toyota Prius-2

Generasi keempat dari Toyota Prius dikabarkan baru akan meluncur pada 2015 mendatang. Beberapa laman otomotif dari berbagai dunia mengatakan bahwa Prius model 2015 akan dibuat dari bahan/material yang lebih ringan, dengan bentuk yang lebih licin, dan akan mengadopsi ban dengan rolling resistance lebih rendah. Semua itu tentu dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar yang diserap oleh Prius 2015.

Jika Prius model 2012 memiliki efisiensi penyerapan bahan bakar 51 mpg di dalam kota dan 48 mpg di jalan tol, kabarnya Prius model 2015 akan memiliki catatan yang lebih baik. Tapi, tantangan untuk mencapai penghematan bahan bakar tersebut cukup besar karena banyak yang yang mesti dibenahi oleh Toyota.

Tapi perusahaan yang bermarkas di Jepang ini telah mengidentifikasi, resistensi ban bergulir/tire rolling resistance menjadi kunci untuk penghematan bahan bakar tersebut. Oleh sebab itu, Toyota sedang membangun kerjasama dengan produsen ban untuk mencapai keuntungan tersebut. Sementara itu, perbaikan aerodinamis pada mobil merupakan prioritas kedua yang diikuti oleh reduksi beban mobil, jika Toyota ingin memperoleh penghematan bahan bakar lebih pada Prius 2015.

Dikutip dari laman Inside Line, Toyota kabarnya akan membuat body Prius 2015 dari bahan aluminium. Tapi perusahaan membatalkan ide tersebut karena biaya investasi yang terlampau tinggi. Sebagai catatan, Prius V di Amerika dan Prius+ di Eropa hanya memiliki kap aluminium karena kompleksitas dan mahalnya harga produksi komponen tersebut.

Prius sendiri pertama kali diperkenalkan 15 tahun lalu pada 1997 dengan total 2.000 unit diluncurkan untuk pasar global. Sejak itu, Toyota telah menjual lebih dari 2,6 juta Prius di seluruh dunia dengan memperluas variannya mulai dari Prius C, Prius V, dan sebagainya.

Comment Form