Toyota Pindahkan Produksi SUV Kluger ke Amerika Mulai 2013

2012-toyota-kluger-1

Toyota Kluger, kendaraan roda empat yang dijual di pasar Australia, rencananya akan diimpor dari Amerika Serikat pada tahun 2013. Hal ini dipastikan Toyota, setelah pihaknya memastikan masa berakhirnya produksi Kluger yang selama ini dilakukan di Jepang.

Sementara itu, Toyota Motor Sales USA mengkonfirmasikan hal tersebut dengan menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan ekspor Kluger ke Australia dan Russia mulai 2013 mendatang. SUV yang juga dikenal sebagai Toyota Highlander ini akan diproduksi di pabrik Toyota di Princeton, Indiana, dan berencana akan meningkatkan jumlah produksinya untuk mengejar target 50,000 unit kendaraan per tahun.

Sejalan dengan keputusan tersebut, pabrikan mobil asal Jepang ini juga dikabarkan sudah menginvestasikan uangnya sebesar US$400 juta untuk penambahan 400 pegawai serta peningkatan fasilitas di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indiana (TMMI). Sebagaimana diketahui, model Kluger itu sendiri sebelumnya diproduksi di Pabrik Fukuoka di Jepang.

Dikutip dari laman Caradvice, TMMI akan melanjutkan pengembangan produksi varian Kluger berteknologi hybrid dan membantah isu Kluger dengan mesin diesel. Beberapa sumber juga mengatakan bahwa produksi SUV Kluger ini juga akan dilakukan berbarengan dengan produksi model Camry dan Aurion di Amerika.

Sebagai catatan, Toyota Kluger itu sendiri menempati urutan kedua sebagai mobil SUV paling banyak dijual di Australia pada tahun 2011. Tercatat sudah 11,692 unit Kluger sudah terjual di Australia dan penjualanny masih sedikit kalah dari pabrikan mobil Ford.

Comment Form