Toyota Kembangkan Mobil Sport EV Dengan Transmisi Manual

Toyota 2000GT EV

Manufaktur kendaraan roda empat raksasa asal Jepang, Toyota, kembali digosipkan. Kali ini rumor yang mencuat adalah Toyota digadang-gadang tengah mengembang sebuah mobil sport bertenaga listrik/electric vehicle (EV). Menariknya, kali ini perusahaan besutan Akio Toyoda tersebut menawarkan sports EV-nya dengan transmisi manual.

Dikutip dari laman Autoevolution dan World Car Fans, pasca sukses meluncurkan GT 86, Toyota masih berhasrat menelurkan mobil sports bertenaga listrik. Toyota 2000GT EV kabarnya menjadi model tentatif yang merupakan bagian awal dari proses pembangunan tersebut. Toyota mengatakan model ini juga sempat diperkenalkan pada ajang Goodwood Festival of Speed beberapa bulan lalu.

Powertrain mobil itu sendiri akan datang dari sebuah motor listrik yang akan dikawinkan dengan gearbox/transmisi manual. Nantinya, transmisi manual itu akan bekerja sama dengan sebuah altenator untuk menghasilkan torsi yang besar. Beberapa sumber mengatakan jika Toyota benar memproduksi mobil tersebut, maka hal itu akan menjadi langkah tidak biasa yang dilakukan Toyota terhadap sebuah kendaraan listrik.

“Kami memang punya hasrat untuk menggunakan gearbox manual pada kendaraan listrik dan hybrid kami di masa depan,” tegas Hiroyuki Ogawa, Toyota’s Advanced Drivetrain Chief, dikutip dari laman Autoevolution.

Menerapkan gearbox manual pada kendaraan listrik juga dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan/top speed mobil. Hal ini disebabkan karena mobil akan mampu mencapai putaran lebih rendah sementara baterai tidak akan terkuras banyak.

Beberapa kalangan berpendapat, jika Toyota berhasil menciptakan EV sports car dengan gearbox manual, maka mereka akan mampu mematahkan pendapat orang-orang yang mengatakan bahwa kendaraan listrik tidak menyenangkan saat dikendarai.

Comment Form