Toyota Investasi Rp 750 Miliar Untuk Bangun Pabrik Mesin V6

17ToyotaFactory

Salah satu pabrikan mobil paling sukses di Jepang, Toyota, dikabarkan siap menginvestasikan uang sejumlah US$ 80 juta atau setara sekitar Rp 750 Miliar untuk mengembangkan fasilitas pabrik produksi mesin-mesin 6 silinder, atau biasa dikenal sebagai mesin V6. Fasilitas tambahan itu sendiri akan diberikan pada pabrik Toyota di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat.

Dikutip dari laman Autoevolution dan Autonews beberapa waktu lalu, tujuan investasi ini adalah untuk semakin merangsang pertumbuhan pasar otomotif di kawasan Amerika Utara. Nantinya, pabrik yang memiliki luas 27 ribu meter persegi ini akan mampu menghasilkan 216.000 mesin V6 dalam setahun. Bahkan jika pabrik ini sudah siap seratus persen, kabarnya bisa menghasilkan 362.000 unit mesin V6 per tahun.

Imbas dari investasi dan pengembangan ini, pabrik yang kabarnya siap beroperasi pada 2014 mendatang itu akan merekrut sekitar 125 pekerja tambahan, hingga total jumlah pekerja di pabrik itu sebanyak 1.150 orang.

“Investasi ini mencerminkan optimisme kami yang berkembang untuk meningkatkan pasar Amerika Utara. Dan kami juga terus mempelajari lokalisasi lebih di Amerika Utara,” ujar Steve ST. Angelo, Vice President Executive Toyota Motor Engineering & Manufacturing North Amerika.

Sebagai catatan, selain mesin V6, Pabrik Toyota di Alabama ini juga memproduksi mesin 4 silinder dan 8 silinder. Dalam satu tahun, pabrik ini mampu menghasilkan hingga 700.000 unit mesin. Mesin-mesin ini rencananya akan dipasangkan pada produk mobil Toyota di Amerika seperti Camry, Corolla, SUV RAV4, Highlander, hingga SUV mewah seperti Lexus RX350.

Comment Form