Toyota Hilux Akhirnya Taklukkan Medan Antartika

toyota-hilux-makes-epic-antarctic-trip-on-jet-fuel_2

Masih ingat artikel kami yang mengulas seputar beberapa mobil Toyota Hilux yang dimodifikasi khusus untuk menaklukkan medan Antartika? Nah, belakangan dikabarkan bahwa Toyota Hilux tersebut berhasil menyelesaikan perjalanannya sekaligus menaklukkan Antartika.

Dilaporkan dari laman Caradvice dan Autoevolution beberapa waktu lalu, Toyota Hilux telah menyelesaikan sebuah perjalanan epik Antartika lebih dari 9,495 kilometer. Pencapaian yang diperoleh pabrikan mobil asal Jepang ini berhasil menjadi yang terjauh karena sebelumnya pernah ada kendaraan lain melakukan hal yang serupa.

Toyota Hilux dengan prestasi terbarunya ini merupakan bagian penting dari ekspedisi terpanjang dalam sejarah kutub, sekaligus menambah keberhasilan kendaraan yang berhasil mencapai kedua kutub, yakni Kutub Utara dan Kutub Selatan dalam watu waktu.

Dua model Hilux yaitu model 6×6 dan 4×4 berhasil menaklukkan tantangan tersebut dengan menggunakan bahan bakar jet A1 guna mengantisipasi cuaca dingin yang ekstrem di Kutub Utara. Mereka berhasil menyelesainkan kurang lebih 10,000 kilometer selama empat bulan berada di atas es.

Beberapa modifikasi tentunya dilakukan terhadap kedua model Hilux tersebut misalnya dengan menambahkan crane untuk mengangkut barang-barang berat. Uniknya, mobil ini dimodifikasi hingga memiliki tangki bahan bakar berukuran 280-liter untuk model 6×6 dan 800-liter untuk model 6×6.

Toyota juga meningkatkan suspensi dan drivetrain mobil untuk kondisi yang ekstrem disana, misalnya dengan memberikan crawler ultra rendah dengan kecepatan roda gigi ditambahkan ke gearbox dan ban besar. Sebagai informasi, ukuran bannya itu sendiri 17 kali lebih besar dari ukuran ban yang digunakan oleh Hilux standar.

Comment Form