Toyota hadirkan Robot bercerita di iims 2012

Robina Robot Toyota 2012

Toyota Motor Corp (TMC) ternyata tidak hanya memproduksi mobil dengan beragam teknologi terdepan, namun juga mengembangkan robot yang didesain bisa mendongeng dan menjadi penjaga bayi serta mengawasi pasien.

Robina adalah robot perempuan yang juga didesain bisa mendongeng, menjadi penjaga bayi, sehingga bisa menjadi sahabat anak,” ujar GM Perencanaan Korporasi dan Hubungan Masyarakat PT Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati Soedigdo disela aksi panggung dua robot konsep Toyota yaitu Robina dan Humanoid pada Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-20 di Jakarta, Jumat (21/9).

Dikatakannya, Robina merupakan salah satu robot konsep yang didesain untuk membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari. Robina mampu melakukan pekerjaan rumah tangga, mampu berfikir independen tanpa harus diberi perintah, berjalan, membawa dan memindahkan barang, menggunakan alat hingga berbicara dengan manusia.

“Nantinya, Robina dapat menjadi teman terpercaya untuk membantu dokter dan perawat dalam mengawasi pasien atau menjaga manusia,” ujarnya.

Sementara itu, Humanoid yang didesain menyerupai anak laki-laki mampu memainkan biola. Robot itu, kata Widyawati, didesain memiliki jari jemari yang sensitif. Tangan kiri Humanoid dapat mengatur intensitas tekanan yang dibutuhkan senar biola untuk menghasilkan nada.  Sama dengan Robina, Humanoid juga didesain untuk mampu membantu pekerjaan rumah maupun menjaga manusia.

Menurut  anggota tim pengembangan robot  TMC Hiroyuki Murakami, Indonesia merupakan negara ketiga setelah China (Shanghai Motor Show)  dan Thailand (Bangkok Motor Show) yang menjadi tempat Robina dan Humanoid diperkenalkan. “Itu adalah robot konsep dan tidak diperjual belikan,” ujarnya.

Toyota telah mengembangkan robot sejak 1970-an dengan tujuan awal meningkatkan efisiensi dan kualitas pabrik mobilnya. Namun sejak 1990-an, TMC mulai mengembangkan teknologi robot yang dilandasi oleh semangat kaizen (countinues improvement) untuk menjadi “sahabat” manusia.

Comment Form