Toyota GT 86 Mulai Diproduksi

Toyota-GT_86_2013_1024x768_wallpaper_01

Perusahaan induk Subaru, Fuji Heavy Industries Ltd (FHI) mengumumkan bahwa awal produksi untuk Subaru BRZ dan Toyota GT 86 telah dimulai sejak Jumat, 16 Maret 2012 lalu. Seperti diketahui bersama, kedua perusahaan manufaktur ternama asal Jepang ini memang telah menjalin kerjasama untuk menghasilkan mobil coupe sport anyar tersebut.

“Awal produksi ini adalah langkah besar bagi kami, tapi itu bukanlah tujuan akhir kami. Dengan terus menerus memperbaiki setiap modelnya, FHI dan Toyota Motor Compaby (TMC) berharap bisa menghasilkan model mobil yang dicintai oleh pelanggan di seluruh dunia untuk jangka waktu yang panjang,” ujar Yasuyuki Yoshinaga, FHI President, dikutip dari laman Worldcarfans.

Kedua mobil yang berhasil menjadi show stopper  di ajang Toyota Motor Show beberapa waktu lalu ini dikabarkan akan diproduksi di Pabrik Gunma Main milik Subaru. Guna mendukung produksi tersebut, Pabrik Gunma sengaja ditingkatkan dan diperuas secara signifikan untuk mengakomodasi kapasitas ekstra.

Pada acara yang sama, turut hadir pula Presiden TMC, Akio Toyoda. Ia mengatakan bahwa keberhasilan lahirnya kedua mobil itu sendiri merupakan upaya kerja keras dari kerjasama dua perusahaan mobil tersebut.

“Baik Subaru BRZ maupun Toyota GT 86 tidak akan bisa dikembangkan tanpa kolaborasi antara FHI dan TMC. Seperti yang Anda ketahui, kami memulai kerjasama ini sejak 2005 dan terus berkembang hingga saat ini. Kini, saya sangat senang melihat bahwa aliansi kami membuahkan hasil,” ujar Toyoda.

Ya, kolaborasi dua perusahaan manufaktur kendaraan roda empat ini sendiri memang telah dimulai sejak 2005 lalu. Tapi, sejak Oktober 2005 kedua perusahaan memang belum memperluas perjanjian mereka dalam hal pengembangan dan produksi mobil. Ide mengembangkan dan memproduksi mobil secara bersama itu sendiri baru dilakukan sejak 2008 lalu.

Comment Form