Toyota Fortuner VNT intercooler bikin makin Agresif

Grand New Fortuner VNT

Sejak pertama diluncurkan pada 2005 lalu dengan Toyota Fortuner sudah banyak mengalami metamorfosis. Kini PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menghadirkan varian terbaru Fortuner, yakni Grand New Fortuner VNT with Intercooler. Kendaraan SUV 4×2 yang dilengkapi mesin diesel VNT ini lebih tangguh dan bertenaga.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan mengatakan, peluncuran Grand New Fortuner VNTurbo with Intercooler ini wujud upaya Toyota merespon meningkatnya antusiasme konsumen Fortuner khususnya mesin diesel yang tumbuh dengan pesat.

“Sampai saat ini Toyota Fortuner terus mengalami pertumbuhan yang pesat dan memimpin pasar pada segmen SUV 4×2. Semester satu 2012 berhasil memimpin penjualan dengan angka lebih dari 10.000 unit,” tutur Johnny dalam acara peluncuran Grand New Fortuner VNTurbo di Jakarta, Rabu (8/8/2012).

Menurutnya, dengan hadirnya Grand New Fortuner VNTurbo with Intercooler, Toyota berharap dapat mengakomodir kebutuhan pelanggan yang menginginkan kendaraan dengan tren teknologi mesin diesel masa kini. Fortuner anyar ini mengusung beberapa fitur baru yang menjadi key selling point, salah satunya new engine 2 KD-FTV Turbo yang mengantikan mesin lama 2 KD-FTV.

Dengan perubahan mesin diesel baru, Fortuner anyar ini memiliki power dan torsi yang lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya, sehingga respon dan akselerasinya pun menjadi lebih baik.

Selain mesin yang berubah, perubahan lainnya juga terjadi pada kap mesin. Sebelumnya engine hood masih standar sedangkan sekarang telah disempurnakan menjadi hood scoop yang berfungsi sebagai intercooler.

Perubahan itu juga ditunjang dengan eksteriornya yang gagah dan diyakini akan membuat penggunanya merasa semakin berani dan percaya diri karena dunia seakan dalam genggamannya. Hal ini selaras dengan taglinenya “the world is mine”.

new fortuner

Grand New Fortuner Diesel VNTurbo dengan Intercooler merupakan mesin baru yang menggunakan Variable Nozzle van Turbo (VNT) sehingga mampu memberikan tekanan udara yang lebih besar pada putaran mesin yang lebih rendah dan hasilnya torsi menjadi lebih besar di putaran mesin rendah.

Fortuner Diesel seri sebelumnya menggunakan mesin 2 KD-FTV IL 4Cyl 16 Valve DOHC D-4D dan sekarang diganti model 2 KD-FTV IL 4Cyl 16 Valve DOHC D-4D VN Turbo Intercooler. Pada mesin baru ini menghasilkan daya maksimum 144 ps/3,400 rpm, ini berarti mengalami peningkatan dari mesin yang lama dengan daya maksimum 102 ps/3,600 rpm. Begitu juga pada torsi maksimum mengalami peningkatan sebesar 35 kgm/1,600-2,800 rpm dari 26.5 kgm/1,600-2,400 rpm.

Grand New Fortuner Diesel ini memiliki 4 tipe :

  • Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T
  • Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T
  • Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T TRD
  • Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T TRD

Perubahan lainnya selain mesin, Grand New Fortuner Diesel VNTurbo mempunyai Hood Scoop pada bagian tengah kap mesin, fungsinya untuk menyalurkan udara dingin ke Intercooler. Teknologi VN (Variable Nozzle) berfungsi untuk mengontrol dalam mengoptimalkan kinerja mesin turbo dalam menghasilkan output yang disalurkan ke seluruh mesin.

new fortunerIndonesia merupakan negara yang memiliki medan dan cuaca tropis yang ekstrim sehingga banyak pelanggan memilih jenis mobil yang berkesan tangguh, kuat, dan sporty. Jenis mobil tersebut yaitu Grand New Fortuner Diesel.

Toyota mengatakan versi diesel saat ini akan dihapus dan untuk versi bensin masih tetap dijual dipasaran.

Cara membedakan dengan diesel non-turbo, kita dapat melihat adanya sebuah air scoop di bonnet. Toyota Fortuner hanya akan model dengan sistem 4×2.

Mesin masih mengadopsi sama dengan D-4D 4-silinder, 2,5 liter plus turbo. Di Afrika Selatan, mesin Fortuner VNT 2,5 liter menyemburkan tenaga 142 hp atau lebih besar dari 40 hp dari diesel non-turbo. Masih versi Afsel, torsinya 343 Nm pada 1600-2800 rpm atau naik 83 Nm dari diesel non-turbo.

Tipe TRD akan tetap dihadirkan selain tipe G. Sistem transmisi terbagi dua pilihan yaitu manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Kabarnya Fortuner VNT dibandrol dengan harga Rp 401 juta dan Untuk versi termahal (TRD A/T) dibandrol dengan harga Rp 437 juta.

Dari sisi tampilan sebenarnya tak ada perbedaan dengan diesel non-turbo. Perbedaannya mungkin bisa dilihat dari adanya air scoop di bagian kap mesin. Kapasitas mesin juga kabarnya sama yaitu D-4D 4-silinder, 2,5 liter hanya saja ditambahi turbo sehingga tenaganya lebih besar. Sedangkan untuk transmisi ditawarkan dua model manual 5-speed atau otomatis 4-speed.

Comment Form