Toyota Belum Membuat Kesan di Segmen Mobil Kecil di India

Toyota_Yaris_India

Salah satu pabrikan mobil ternama di Jepang, Toyota, mengumumkan penurunan laba bersih sebesar 31 persen untuk tahun yang berakhir pada Maret 2012 lalu. Hal ini cukup tak terduga mengingat fakta bahwa perusahaan mengalami tahun yang sangat berat akibat tsumai dan gempa bumi di Jepang, serta banjir besar di Thailand.

Sebelum itu, Toyota juga sempat mengumumkan kasus Recall besar-besaran yang juga memberi pukulan besar bagi citra “realibility (kehandalan)” sedikit memudar pada Toyota sehingga posisi sebagai pabrikan mobil nomor satu di dunia sempat diambil oleh General Motors.

Tapi bukan Toyota namanya jika tak sigap menyikapi hal tersebut dan kini terus bertahan hidup untuk berlomba kembali ke posisi teratas sebagai pabrikan mobil yang paling banyak dijual di dunia. Lompatan besar dalam volume produksi dan lompatan besar hingga 168% dalam hal keuntungan/profit belakangan ini, membuktikan bahwa Toyota terus bangkit.

Tapi sayangnya, tidak ada satu orang analis otomotif yang mengatakan bahwa pertumbuhan Toyota ini berkat peran penjualan mobil kecil di pasar India. Ya, penjualan Toyota di pasar India masih didominasi oleh model mobil mid-range seperti Innova yang memiliki margin penjualan yang besar.

Cerita yang sama juga berlaku untuk segmen SUV mewah, dimana hingga saat ini Toyota Fortuner masih berjaya menjadi mobil yang paling banyak dibeli di India. Hingga saat ini, sudah 11.000 unit Fortuner terjual di pasar India, dibandingkan dengan penjualan Ford Endeavour yang 2.242 unit dan BMX X1 yang hanya terjual 2.016 unit.

Comment Form