Toyota Akan Produksi Ribuan Mobil Hidrogen Pada 2020

ToyotaFHCV2

Toyota Motor Corporation (TMC), yang dikenal sebagai produsen kendaraan hibrida terbesar di dunia, ingin dapat menyediakan ribuan bahan bakar hidrogen per tahun, dalam dekade berikutnya. Hal ini merupakan strategi Toyota untuk mengantisipasi permintaan kendaraan-kendaraan bebas minyak/bahan bakar.

Dikutip dari laman Bloomberg beberapa waktu lalu, produsen mobil asal Negeri Sakura ini memajang konsep mobil anyarnya yakni FCV-R yang bertenaga hidrogen di ajang Geneva Motor Show 2012. Perkenalan mobil sedan itu juga sekaligus menegaskan kembali niat Toyota untuk menjual kendaraan non-polusi pada tahun 2015 mendatang.

“Kami sedang mempersiapkan kemampuan untuk bisa menghasilkan puluhan ribu kendaraan berteknologi Hidrogen di tahun 2020-an,” ujar Didier Leroy, Kepala Operasi Toyota Eropa, dalam sambutannya di Geneva Motor Show, 6 Maret lalu.

Toyota sendiri hingga kini belum merinci harga pasaran mobil berteknologi Hidrogen tersebut. Menurut juru bicara Toyota di Amerika, John Hanson, pihaknya juga masih belum bisa mengungkapkan target penjualan global dari mobil bebas polusi tersebut.

Toyota juga mengungkapkan bahwa produksi mobil berteknologi Hibrida seperti Prius Plug-In, kemudian mobil bertenaga baterai seperti RAV4 dan iQ Scion model, sedikit banyak mengurangi hambatan biaya. Sementara itu, dari penelitian yang dilakukan Toyota, kendaraan berteknologi Hidrogen pun mampu menempuh jarak yang sebanding dengan kendaraan dengan bahan bakar bensin/solar.

Comment Form