Toyota Akan Kembangkan Mobil Kecil di Eropa

toyota_iq_concept_1_x

Produsen mobil ternama asal Jepang, Toyota, rencananya akan menyerahkan penelitian dan pengembangan mobil-mobil kecilnya di Eropa mulai bulan depan. Menurut perusahaan, langkah ini diambil untuk membuat mobil yang lebih kompetitif dibanding rival seperti Ford dan Fiat.

“Hal ini penting untuk membawa fokus ke misi dan divisi perencanaan produk akan memainkan peran kunci dalam strategi terpadu bersama dengan insinyur dan desainer kami,” ujar CEO Toyota Motor Europe, Didier Leroy, dikutip dari laman Left Lane News beberapa waktu lalu.

Masih dari laman yang sama, Eropa ditengarai akan menjadi pusat mobil-mobil kompak dan sub-kompak di masa depan. Langkah ini sekaligus akan mengurangi pengembangan mobil minicar di pasar lokal Jepang, dimana jenis mobil Kei (sub minicar) dan hybrid menjadi yang terbaik disana.

Hanya saja, bagaimana langkah tersebut akan mempengaruhi pasar Amerika Utara belum jelas. Pasalnya, sebelas bulan pertama pada tahun 2011, Corolla merupakan mobil kompak paling laris di Amerika Serikat meskipun desain terbilang tua dan persaingan meningkat secara signifikan.

Comment Form