Toyota Akan Kembali ke World Rally Championship Pada 2014

Toyota-TMG-Motorsport

Jika Anda berpikir keterlibatan Toyota pada ajang balap 24 Hours of Le Mans adalah sebagai babak baru bagi perusahaan otomotif raksasa asal Jepang ini, Anda mungkin saja benar. Pasalnya, bukan hanya TS030 hybrid yang dikembangkan untuk Le Mans, Toyota juga kabarnya sudah menyiapkan mobil anyar untuk kembali mengikuti ajang World Rally Championship (WRC).

Seperti dikutip laman Caradvice beberapa waktu lalu, Toyota sedang menjalani tahap akhir pengembangan sebuah mobil Toyota Yaris untuk ikut ajang WRC tersebut. Yaris dengan mesin 1.6-liter turbocharge ini pun dikonfirmasi memang disiapkan untuk WRC oleh Yoshiaki Kinoshita, Presiden TMG, perusahaan divisi motorsport Toyota.

Meskipun demikian, Kinoshita juga mengakui bahwa ada beberapa tantangan yang harus dihadapi perusahaan sebelum mobil tersebut bisa ikut berkompetisi. Sejak Toyota meninggalkan WRC pada tahun 1999 silam, orang-orang dan skill yang ada untuk berkompetisi di WRC saat ini sudah tidak tersedia lagi.

“Tentu target final dari program WRC kami adalah untuk kembali ke ajang WRC dengan beberapa langkah. Karena kami berhenti membalap di WRC sejak 1999, sebagian besar orang-orang yang paham akan hal tersebut sudah tidak lagi disini. Itu yang jadi kendala,” ujar Kinoshita.

Ketika ditanya kapan mobil rally Yaris itu sudah siap mengaspal, Kinoshita mengatakan semoga saja proses pengembangan itu selesai pada 2014.

“Kami harap semuanya selesai pada 2014, tapi tentu kami juga perlu persetujuan dari Toyota Motor Company (TMC),” tegas Kinoshita.

Sebagai catatan, Toyota Motorsport GMbH (TMG) adalah perusahaan yang saat ini bertanggung jawab atas pengembangan mobil TS030 Hybrid yang sedang berlaga di ajang 24 Hours of Le Mans, di Perancis. Perusahaan pimpinan Kinoshita ini kabarnya akan menjadi AMG-nya Toyota, yang mengembangkan mobil-mobil dengan performa khusus untuk balapan.

 

Comment Form