Tabrakan, Toyota TS030 Hybrid Tunda Debut Balap Le Mans

Toyota-ts-030-LMP1-hybrid-testing

Toyota Motorsport Division secara resmi mengumumkan bahwa mobil balap Toyota TS030 Hybrid terpaksa harus menunda debutnya di ajang balap ketahanan Spa 6 Hours The FIA World Endurance Championship, yang rencananya digelar pada 5 Mei mendatang. Pasalnya, mobil balap tersebut dinilai belum siap pasca tabrakan yang terjadi pada test mobil beberapa waktu lalu.

Dilaporkan laman Autoevolution beberapa waktu lalu, Toyota TS030 Hybrid tersebut mengalami tabrakan pada saat test di Sirkuit Paul Recard, sekitar minggu lalu, hingga menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Nicolas Lapierre, yang menjadi orang di belakang kemudi mengatakan, bahwa ia tidak bisa mempertahankan kontrol mobil karena air merembes ke dalam sistem manajemen mesin.

“Setelah tabrakan tersebut, kami melihat dan mencoba semua pilihan yang ada. Tapi sayangnya, tidak ada alternatif tindakan yang terbuka bagi kami. Toyota Racing saat ini akan segera menyiapkan monocoque supaya bisa melanjutkan test mobil secepat mungkin dan mempersiapkan diri untuk ajang Le Mans 24 Hours,” ujar Yoshiaki Kinoshita, Toyota Racing Team President.

Sementara itu, imbas dari tabrakan ini sendiri masih belum jelas. Padahal, Toyota TS030 Hybrid itu sendiri dikabarkan punya schedule test lainnya di Sirkuit EuroSpeedway Lausitz di Jerman dan Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol pada bulan April 2012. Tapi yang jelas, mobil tersebut tengah dipersiapkan untuk mengikuti ajang yang sesungguhnya yakni Le Mans Race yang akan digelar Juni 2012.

Comment Form