Platform Toyota Hilux Sentuh 5 Juta Unit Penjualan

Hilux 2012

Manufaktur roda empat asal Jepang, Toyota, kembali membuat jejak sejarah baru. Belakangan ini Toyota baru saja mengumumkan bahwa platform International Multipurpose Vevicle (IMV) yang diterapkan pada mobil-mobil seperti Hilux atau pick-up Vigo, minivan Innova, dan SUV Fortuner, sudah menyentuh 5 juta unit penjualan.

Dikutip dari laman Autoevolution, seri IMV saat ini sedang diproduksi di 11 lokasi, termasuk empat negara yang ditunjuk sebagai lokasi pemasok global IMV seperti Thailand, Indonesia, Argentina, dan Afrika Selatan. Sebagai tambahan, komponen-komponen penting seperti mesin diesel diproduksi di Thailand, mesin berbahan bakar bensin di Indonesia, dan transmisi diproduksi di Filipina dan India, diekspor ke negara yang memproduksi IMV.

Sebagai catatan, Toyota Hilux yang dipasarkan di Eropa merupakan rakitan dari Toyota Afrika Selatan Motorsdan Toyota Motor Thailand. Keduanya berhasil membukukan penjualan sebanyak 28,888 unit tahun lalu yang membawanya menjadi mobil pick-up paling laris di Eropa selama 3 tahun berturut-turut.

“Tujuan dari proyek ini adalah untuk menawarkan kendaraan dengan kualitas tinggi kepada para pelanggan. Kami sangat antusias bahwa penjualan IMV sudah mencapai lima juta,” ujar Kazuhiro Kobayashi, TMC Managing Officer, dikutip dari laman 3D Car Show.

Seri IMV itu sendiri memang telah memenangkan dukungan banyak konsumen di seluruh dunia dan penjualannya pun berkembang mantap dengan penjualan kumulatif mencapai 1 juta kendaraan pada 2006, 2 juta unit kendaraan pada 2008, 3 juta unit pada 2009, 4 juta pada 2010, dan 5 juta pada Maret 2012 lalu.

Comment Form