Lexus Tidak Kebagian Mesin Diesel BMW

lexus-not-getting-bmw-diesel-engines-1

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, dua pabrikan mobil ternama di dunia, Toyota dan BMW, menjalin kerjasama pertukaran mesin baru-baru ini. BMW akan memberikan beberapa mesin diesel luar biasanya untuk diterapkan pada beberapa model mobil Toyota, sedangkan Toyota sendiri akan mengirimkan mesin Hybrid-nya untuk dipasangkan pada beberapa varian mobil Jerman tersebut.

Tapi seperti dilaporkan laman Autoevolution dan Autonews Europe, brand mobil mewah Toyota, yakni Lexus, dipastikan tidak akan mendapatkan mesin diesel 1.6-liter dan 2.0-liter dari BMW. Pasalnya, BMW dan Lexus memang tengah berkompetisi merebut pasar di segmen mobil mewah. Jadi tidak mungkin BMW akan memberikan benefit terhadap rivalnya tersebut.

“Kesepakatan dengan BMW tidak termasuk penyediaan mesin diesel BMW untuk Lexus,” ujar juru bicara Toyota Eropa, Etienne Plas.

Sebetulnya hal tersebut bukanlah masalah besar bagi divisi mobil mewah Toyota. Pasalnya Lexus sendiri tengah berkonsentrasi pada pengembangan mobil Hybrid dan plug-in untuk diterapkan pada kendaraan-kendaraannya di masa depan. Selain itu, Lexus juga tengah mengembangkan mesin berkekuatan 184hp untuk dipasangkan pada varian Lexus IS dan GS.

Sebagai catatan, Toyota dan BMW menjalin kerjasama dalam hal pertukaran mesin yang akan mulai diterapkan pada masing-masing mobil pada tahun 2014. Sebagai pelopor kendaraan Hybrid, pabrikan mobil asal Jepang itu rencananya akan menyuplai beberapa komponen Hybridnya untuk dikembangkan oleh BMW.

Comment Form