Eksperimen Gila, Toyota Prius Jadi Sumber Listrik Rumah

prius-plug-in

Dimaksudkan untuk mengambil langkah besar dalam hal membuktikan apa yang bisa dilakukan oleh sebuah kendaraan listrik, belakangan Toyota dikabarkan bereksperimen dengan menggunakan Prius sebagai pembangkit listrik/sumber listrik di suatu rumah.

Dikutip dari laman Autoguide beberapa waktu lalu, Toyota Prius Plug-In Hybrid memang dapat mentransfer tenaga listrik ke dua arah, yakni baik dari rumah ke mobil, maupun sebaliknya. Meskipun hal itu belum pernah dilakukan secara teratur, teknologi motor listrik yang diusung Prius ternyata mampu menawarkan sumber listrik selama empat hari untuk penggunaan daya listrik yang lumrah terjadi di rumah-rumah.

Ini artinya, daya listrik yang mampu dihasilkan oleh Prius jau lebih besar dibandingkan Nissan Leaf yang kabarnya hanya mampu menawarkan sumber listrik selama satu hari.

“Sebuah AC100V inverter yang terpasang dalam Prius mampu mengkonversi daya listrik yang cocok digunakan di dalam rumah, sementara aliran dayanya sendiri dikendalikan menurut komunikasi antara kendaraan, dudukan pengisi baterai, dan rumah. Dengan metode ini, listrik rendah karbon yang dihasilkan dari generator surya bisa disimpan dalam baterai yang terpasang pada mobil dan bisa digunakan ketika ada pemadaman listrik,” ujar Toyota, dalam rilisnya.

Pengujian itu sendiri akan dimulai pada 10 rumah di Jepang akhir tahun ini dengan harapan bahwa sistem tersebut dapat tersedia dalam waktu dekat. Unik bukan, jika Anda bisa menyalakan komputer, lampu penerangan, kulkas, televisi di dalam rumah dengan sumber listrik yang diperoleh dari baterai sebuah mobil listrik seperti Prius?

Comment Form