Yang Dianjurkan dan Tidak Dianjurkan Saat Membeli Ban Mobil

Car Tyre1199_Copy4329

Ban atau roda merupakan salah satu fitur keselamatan paling penting dalam mobil Anda. Ban mobil adalah satu-satunya perangkat yang menghubungkan mobil ke jalan, dan teknologi keselamatan seperti Antilock Brakes (ABS) dan kontrol stabilitas elektronik tidak dapat bekerja dengan baik jika ban pada mobil Anda tidak memiliki cengkraman yang bagus.

Walaupun sedemikian pentingnya, ban adalah salah satu komponen yang paling dipahami dari mobil kita, terlebih saat ini ada berbagai jenis ban tapi sedikit informasi tentang mereka. Tidak ada ban yang paling bagus, karena kebutuhan setiap orang berbeda satu sama lain. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika Anda membeli ban mobil.

  1. Jangan Terlampau Pelit Pada Ban Mobil Anda

Ban yang murah dan dirancang dengan buruk dapat membuat jarak pengereman lebih panjang dan kontrol yang kurang baik dalam manuver darurat. Setiap ban memiliki rating traksi (AA, A, B, atau C). Upayakan untuk selalu membeli ban dengan rating A atau AA.

  1. Jangan Pula Terlalu Boros Pada Ban Mobil Anda

Seperti yang kita tahu, ban dengan merek ternama selalu memiliki harga yang tinggi. Merek-merek terkenal memang cenderung memberikan tingkat kualitas yang tinggi dan konsisten. Tapi jangan salah, ada beberapa produsen ban yang kurang terkenal tapi menghasilkan produk unggulan dengan harga yang lebih murah. Coba kunjungi laman berikut (www.tirerack.com) untuk menemukan ban yang baik bagi mobil Anda.

  1. Jangan Berasumsi Ban OEM Adalah yang Terbaik

Ban OEM (Original Equipment Manufacturer) adalah ban yang cocok pada mobil Anda di pabrik, tapi membeli ban yang sama sebagai pengganti tidak selalu pilihan yang terbaik. Manufaktur mobil biasanya mencari ban yang dapat menempuh segala kondisi, baik pada musim panas atau musim dingin. Mereka bisa memilih ban yang menawarkan kenyamanan mengemudi. Sebagai konsumen, Anda bisa melihat-lihat di toko otomotif sekitar untuk membeli jenis ban yang sesuai dengan kondisi lingkungan tempat tinggal Anda.

  1. Pergi ke Dealer Ban yang Tepat

Ketika waktu mengganti ban tiba, banyak orang pergi ke bengkel-bengkel terdekat yang hanya menyediakan ban dalam jumlah dan kualitas yang terbatas. Sebuah dealer yang menawarkan full-service biasanya membawa berbagai macam merek dan biasanya lebih difokuskan pada cuaca lokal dan kondisi jalan. Konsultasikan tipe mengendara Anda kepada dealer tersebut untuk mendapatkan saran terbaik.

  1. Upayakan Untuk Selalu Memiliki Harapan yang Realistis

Seperti kebanyakan hal dalam hidup, kinerja ban cenderung aus lebih cepat. Sementara itu, ban yang memberikan kenyamanan dalam berkendara mungkin kurang lincah di tikungan. Bicarakan hal ini dengan dealer ban yang Anda percayai, kira-kira pilihan ban apa saja yang relevan dengan kondisi jalan, cuaca, dan mobil Anda.

  1. Upayakan Untuk Selalu Membeli Dua Set Ban

Kebanyakan mobil biasanya menggunakan ban untuk semua musim. Jika Anda tinggal di kawasan tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi serta musim kemarau, belilah masing-masing satu set ban yang sesuai dengan kondisi tersebut. Ingat, ban “semua musim” yang biasanya terpasang di mobil Anda itu di desain untuk menghadapi segala cuaca, tapi tidak didesain untuk satu jenis kondisi cuaca.

  1. Upayakan Untuk Selalu Membeli Empat Ban Sekaligus

Ban yang baru umumnya mencengkram jalan lebih baik daripada ban yang sudah digunakan beberapa mil. Akan lebih baik untuk mengganti sekaligus empat ban mobil Anda, dengan demikian kondisi/kekuatan cengkraman ban akan sama. Tapi jika terpaksa harus mengganti berpasangan, upayakan ban baru tersebut ditempatkan di bagian belakang untuk membantu mempertahankan stabilitas mobil.

Selain itu, melakukan rotasi setiap 5.000 – 7.000 kilometer pada ban akan memastikan keempat ban memiliki tingkat ketipisan yang sama, sehingga memudahkan Anda untuk mengganti empat ban sekaligus secara bersamaan. Ingat, jangan pernah mengganti satu ban saja. Jika salah satu ban sudah rusak atau tidak bisa diperbaiki, ganti kedua (kanan dan kiri) ban, jangan satu-satu karena membahayakan stabilitas kendaraan.

  1. Jangan Abaikan Ban Baru Anda

Ban mobil bukanlah barang yang bebas perawatan. Perlu diketahui bahwa ban kehilangan tekanan 1 psi setiap bulan. Jika Anda membeli ban pada bulan Agustus, pada Januari Anda akan kehilangan 20% tekanan udara pada ban. Ban yang kempes (kurang udara) akan menyedot bahan bakr mobil lebih banyak.

1 Comment to “Yang Dianjurkan dan Tidak Dianjurkan Saat Membeli Ban Mobil”

  1. numpang tanya gan bagaimana cara rolling ban mobil yang paling benar

Comment Form