Toyota Tengah Mempersiapkan Hot Version GT 86

FT-86 Hot Version-1

Peluncuran Toyota GT 86 dan saudara-saudara kembarnya seperti Subaru BRZ dan Scion FR-S di gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2011 telah diterima dengan baik sejauh ini. Anda mungkin senang, atau bahkan tidak terkejut sama sekali, tapi yang jelas kini Toyota tengah menyiapkan hot version dari GT 86.

Seperti dilaporkan laman Autoevolution dan Worldcarfans beberapa waktu lalu, isu bahwa Toyota sedang mengembangkan hot version GT 86 ini dikonfirmasi oleh Tetsu Tada, Chief Engineer Toyota yang juga turut berperan dalam pembangunan mobil sport anyar tersebut.

“Ya hot version dari GT 86 memang sudah melewati tahap pertimbangan perusahaan. Bahkan mobil tersebut sudah melakukan serangkaian ujicoba dan evaluasi yang dilakukan oleh Toyota Racing Developments (TRD),” ujar Tetsu Tada.

Menurut beberapa sumber, TRD akan menambahkan supercharger kit pada mesin Boxer 2.0-liter empat silinder yang kini digendong oleh Subaru BRZ. Dengan supercharger kit tersebut, hot version GT 86 dipercaya akan memiliki tenaga extra hingga 50bhp. Sebagai catatan, mesin standar yang digunakan oleh Toyota GT 86 saat ini saja sudah mampu menyemburkan tenaga hingga 197bhp. Bisa Anda bayangkan tenaga yang akan disemburkan hot version GT 86 ketika supercharger kit itu sudah dipasangkan.

Laman Worldcarfans menambahkan, guna mengimbangi tenaga super gede yang nanti akan dibawa oleh mobil tersebut, Toyota juga akan meningkatkan sistem suspensi dari hot version GT 86.

Uniknya, Tada juga mengungkapkan info yang selama ini belum sempat dikonformasi perusahaan terkait akselerasi yang mampu dilakukan oleh Toyota GT 86 versi standar. Menurutnya, baik Toyota GT 86, Subaru BRZ, dan Scion FR-S mampu berakselerasi 0-62mph hanya dalam waktu 6.8 detik dengan kecepatan maksimal mencapai 230km/jam.

Comment Form