Toyota Siapkan Diesel Untuk Corolla, Tapi Tidak Untuk Camry

Corolla Diesel-1

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Toyota dan BMW akhirnya resmi berjabat tangan guna tukar menukar teknologi mesin dalam produksi mobil-mobil mereka di masa depan. Memanfaatkan momentum berharga ini, Toyota langsung mencanangkan untuk memproduksi Corolla dengan mesin turbodiesel 2.0-liter milik BMW.

Tapi sayangnya, wacana untuk memasangkan mesin yang sama pada Toyota Camry sepertinya tidak akan terjadi. Pasalnya, Deputy Chief Engineer Toyota, Keiichi Yoneda, memastikan untuk melanjutkan teknologi petrol-electric pada varian Camry guna menelurkan Toyota Hybrid Camry di masa depan.

Dikutip dari laman The Motor Report beberapa waktu lalu, Toyota sendiri akan meluncurkan New Hybrid Camry pada kuartal pertama tahun 2012. Mobil itu rencananya masih akan menggunakan baterai anyar berbahan nickel-metal yang ditengarai lebih efektif ketimbang baterai ion-lithium yang saat ini digunakan oleh mobil-mobil hybrid Toyota.

Meskipun belum diketahui berapa tenaga yang akan disemburkan New Camry Hybrid, tapi Toyota memastikan bahwa mobil sedan anyarnya itu akan memiliki konsumsi bahan bakar yang irit, sekitar 6.0 liter/100 km. New Camry Hybrid ini juga rencananya akan memiliki mode yang sama seperti Prius.

Sementara di lain pihak, Yoneda juga memastikan bahwa generasi terbaru dari Toyota Corolla akan menggunakan mesin diesel BMW. Menurut kabar, Corolla bermesin diesel ini akan dipasarkan di Eropa dan di Australia.

Menggunakan mesin yang sama seperti MINI Cooper D, New Toyota Corolla dipercaya mampu menyemburkan tenaga hingga 82 kW dengan torsi 270 Nm. Sementara konsumsi bahan bakarnya bakal ada di kisaran 3.8 liter/100 km.

Comment Form