Toyota Kembali Pecahkan Rekor Mobil Tercepat di Dunia

toyota_ku_rin_lto7g

Toyota tampaknya betul-betul bertekad untuk menjadi penguasa rekor mobil ramah lingkungan (green car) tercepat di dunia. Setelah berhasil membuat rekor mobil listrik tercepat di Nurburgring beberapa waktu lalu, kini produsen mobil asal Negeri Matahari Terbit ini kembali memecahkan rekor mobil tercepat dengan teknologi udara terkompresi (compressed air vehicle).

Seperti yang dilansir pada laman integrityexports.com, Ku:Rin (nama mobil tersebut) berhasil memecahkan rekor mobil tercepat dengan teknologi udara terkompresi  di Japan Automobile Research Institute (JARI), Jepang. Mobil yang memiliki desain seperti pensil roket ini berhasil melaju hingga kecepatan maksimal 80.3 mph (129 km/jam).

Ku:Rin yang memiliki panjang 3.5m dan lebar 0.8m ini dibangun oleh 40 member klub “Dream Car Workhsop”  yang tergabung dalam Toyota Industries Corporation. Tidak ada kebetulan dalam membangun mobil ini, karena sebagaimana kita tahu, Toyota Corp merupakan penyalur AC mobil kompresor terbesar di dunia.

Kekuatan kendaraan ini terletak dari pembalikkan AC kompresor yang bergantung pada perluasan kompresi udara untuk menghasilkan tenaga. Udara yang terkompresi tersebut tidak berperan seperti bahan bakar, melainkan bertindak sebagai penyimpanan energi yang memiliki kesamaan seperti baterai dalam sebuah mobil listrik.

Tidak seperti kebanyakan mobil, dengan sistem udara terkompresi ini Ku:Rin hanya mampu menempuh jarak sekitar 2 mil (3.2 km). Walau begitu, Toyota telah kembali berhasil mencatatkan prestasi mobil tercepat di dunia.

Comment Form