Toyota iQ EV Bisa Disewa

toyota-iq-ev-1

Toyota saat ini tengah mendominasi penjualan kendaraan-kendaraan berjenis EV (electric vehicles) dan hybrid. Seperti yang dilansir oleh laman integrityexports.com, mereka bahkan berani mengklaim bahwa mereka mendominasi 65.9% pasar di dunia untuk varian mobil tersebut saat ini.

Pasca bencana yang terjadi di Jepang beberapa bulan lalu, boleh jadi sedikit mempengaruhi rasa  optimistis Toyota terhadap prospek jangka pendek kendaraan-kendaraan EV. Tapi bukan berarti, produsen mobil asal Negeri Sakura ini menyerah begitu saja. Baru-baru ini beredar kabar bahwa Toyota tengah bersiap meluncurkan dua model mobil EV khusus untuk tahun 2012 yakni RAV4 dan iQ EV.

Dikatakan khusus karena kedua varian mobil ini diproduksi dalam jumlah terbatas yakni 600 unit. Sebanyak 400 unit akan dipasarkan di pasar domestik Jepang, sementara 100 unit akan dipasarkan masing-masing di Amerika Serikat dan Eropa.

Mobil ini hanya tersedia untuk disewa selama 2-3 tahun, dan disertai dengan kemungkinan penjualan langsung setelah itu. Rencananya, mobil iQ EV ini akan diproduksi di Takaoka Plant di Toyota City pada Agustus 2012. Walaupun pada tahun pertama hanya akan tersedia 600 mobil, Toyota siap untuk meningkatkan jumlah produksi pada tahun-tahun berikutnya, tergantung dari respon para kostumer.

Kendaraan ini dipercaya mampu menempuh jarak hingga 100 km untuk satu pengisian baterai. Sementara itu, hingga kini Toyota belum berani membanderol harga untuk mobil EV mini tersebut. Semoga saja, pasar besar di Indonesia cukup menarik minat Toyota untuk memasarkan kendaraan ini.

Comment Form