Toyota dan BMW Jalin Kerjasama Untuk Mesin Diesel

logo-toyota-3d-silver (1)

Teknologi efisiensi penyerapan bahan bakar saat ini memang tengah menjadi isu mendunia di bidang otomotif. Pasalnya, berbagai pabrikan mobil ternama di dunia saat ini boleh jadi tengah mengembangkan produk terbarunya berbasis teknologi ini. Wajar saja, harga minyak yang terus melambung, juga menjadi perhatian para pabrikan mobil dunia untuk mencari cara mereduksi penyerapan bahan bakar oleh mesin.

Begitupun dengan salah satu perusahaan manufaktur mobil asal Jepang, Toyota. Mereka kini tengah menjalin kerjasama dengan pabrikan mobil asal Jerman, BMW, guna mengadopsi mesin diesel yang akan digunakan pada model terbarunya di Eropa tahun depan.

Seperti dilaporkan laman Caradvice (28/11/2011), dua perusahaan besar di bidang otomotif ini ditengarai telah menjalin kesepakatan kerjasama. Toyota rencananya akan “meminjam” mesin diesel 2.0-liter BMW untuk diterapkan pada model-model mobil medium sized Toyota di Eropa.

Kerjasama ini muncul setelah penjualan Toyota di Eropa tahun lalu mengalami penurunan hingga sembilan persen. Memiliki teknologi mesin diesel lokal di Eropa ini diharapkan dapat mengurangi biaya pengembangan dan dapat membantu perusahaan mendapatkan kembali pangsa pasar di segmen tertentu.

Sebaliknya, Toyota yang dikenal sebagai pelopor mobil Hybrid di dunia juga terbuka untuk meminjamkan teknoilogi Hybrid-nya kepada BMW. Hingga saat ini, BMW juga sudah menandatangani kerjasama dengan PSA (Peugeot Citroen) di Perancis, dimana keduanya akan berkolaborasi pada powertrain Hybrid masa depan.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, Toyota belum mengkonfirmasi model mobil apa yang akan menerapkan mesin diesel BMW tersebut. sepertinya kita diminta sedikit bersabar hingga peluncuran mobil yang bersangkutan.

Comment Form