Toyota Akan Impor Mobil Dari Thailand

Workers at Japan's auto giant Toyota mot

Kenaikan harga mata uang Yen terhadap Dollar yang belakangan terjadi ternyata membawa efek besar bagi para perusahaan manufaktur mobil di Jepang. Hal ini membuat Toyota, salah satu produsen mobil terbesar di Jepang, berencana untuk memulai impor mobil dari Thailand sebagai langkah mengantisipasi kenaikan tersebut.

Seperti banyak produsen mobil Jepang lainnya, mengimpor mobil dari tempat-tempat seperti Thailand dan India akan mampu menekan biaya produksi perusahaan. Imbasnya, tentu perusahaan manufaktur mobil yang bersangkutan bisa menghemat lebih banyak biaya produksi.

Yen yang kuat akan membuat perusahaan-perusahaan manufaktur mobil Jepang, mengeluarkan biaya jauh lebih murah untuk mengimpor mobil dibanding memproduksinya sendiri. Sementara itu, Toyota juga masih mengalami krisis pasca bencana gempa dan Tsunami, sehingga harus meningkatkan kembali penjualan mereka. Oleh sebab itulah, dikutip dari laporan Wall Street Journal, Toyota mulai mempertimbangkan untuk mengimpor mobil compact (berpenumpang sedikit) dari Thailand.

Sementara itu, model mobil berpenumpang sedikit (sub-compact model) menjadi fokus utama Toyota, terutama setelah popularitasnya saat ini semakin meningkat. Di tempat-tempat seperti Thailand dan India, Toyota memiliki beragam model yang bisa diimpor. Toyota berencana untuk mengimpor mobil-mobil seperti Etios dengan model empat hingga lima pintu bermesin 1.2 – 1.5 liter yang diproduksi Toyota di India.

“Kami akan coba impor mobil yang memiliki ukuran seperti Etios sembari berusaha untuk memproduksi kendaraan lain dengan ukuran yang lebih agresif,” ujar Yukitoshi Funo, Executive Vice President Toyota.

Tak hanya mengimpor mobil dari luar, Toyota juga berencana untuk mengimpor bagian-bagian atau komponen-komponen mobil dari negara lain. Komponen-komponen tersebut nantinya akan digunakan untuk merakit kendaraan Toyota di Jepang. Hal ini juga akan mendukung rencana masa depan Toyota mengembangkan mobil anti gempa.

Comment Form