Tips Menjaga Mobil Dari Serangan Serangga

Love-Bugs-on-Car

Kehadiran serangga di dalam mobil Anda seperti semut, kecoa, atau kutu tentu sangat mengganggu kenyamanan Anda. Tak jarang Anda bertanya-tanya, dari mana mereka datang dan mengapa bisa berada di dalam mobil. Tak jarang pula Anda berulang kali mengusir serangga-serangga tersebut, tapi mereka selalu menemukan jalan untuk kembali ke dalam mobil.

Banyak faktor mengapa serangga bisa masuk ke dalam mobil Anda. Kadang-kadang kita seringkali tak sadar telah menumpahkan minuman atau makanan di dalam mobil, dimana hal ini memicu kehadiran serang-serangga tersebut di dalam mobil Anda. Atau, coba tanya diri Anda sendiri, kapan terakhir kali Anda membersihkan interior mobil Anda?

Kehadiran serangga seperti semut atau kecoa, datang dari kurangnya kebersihan pribadi atau bisa jadi Anda kurang rutin melakukan ritual pembersihan kabin mobil. Untuk mencegah invasi serangga tinggal di dalam kabin mobil, Anda harus membuat jadwal pembersihan mobil secara rutin. Yang jadi soal adalah, baik semut maupun kecoa, dapat berada di semua bagian kabin mobil, bahkan di tempat-tenpat yang tidak terjangkau sekalipun.

Serangga bisa bersarang di balik pintu mobil Anda dan hal itu dapat merusak sistem power window mobil Anda. Jadi, selain mencerminkan ketidakbersihan mobil, kehadiran serangga juga ternyata dapat memberikan efek negatif (kerusakan) pada mobil Anda. Oleh sebab itu, penting sekali menjaga kebersihan mobil dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dijadikan acuan untuk mencegah datang kembali ke dalam mobil :

  1. Cek lantai mobil, terutama di balik karpet, karena invasi serangga di dalam mobil biasanya disebabkan oleh tumpahan makanan atau minuman. Lalu segera lakukan langkah pembersihan. Jika masih ada beberapa remeh makanan yang tumpah, Anda bisa gunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya.
  2. Semprot cairan pembersih pada bagian yang kotor. Diamkan sesaat agar meresap dan bekerja secara optimal.
  3. Supaya lebih merata, gunakan sikat pada bagian kotor yang tadi.
  4. Gunakan lap kering untuk meresap cairan pembersih yang sudah bercampur dengan kotoran tersebut. Lakukan hati-hati sampai lantai benar-benar kering.
  5. Jika ada indikasi sarang semut atau kecoa, lakukan cara yang sama dari awal. Tapi, sarang serangga pertama disemprot dengan cairan pembersih kemudian dibersihkan dengan cavuum cleaner. Setelah itu baru melakukan langkah (poin 2) dan seterusnya.
  6. Ada kemungkinan sarang serangga berada di belakang dashboard mobil. Tapi sebelum membongkar dashboard tersebut, hentikan terlebih dahulu persediaan makanan untuk mereka seperti remeh-remeh makanan atau tumpahan. Upayakan kabin mobil Anda tetap kering dan bersih. Tanpa kelembabab dan makanan, dalam satu minggu serangga-serangga tersebut akan mati.

Comment Form