Tips Menghilangkan Goresan Pada Mobil

Scratch-Remover (1)

Goresan pada cat mobil tentu sangat membuat jengkel bukan? Sedikit saja goresan pada cat mobil bisa membuat kesan atau tampilan mobil dari luar terlihat buruk. Selain itu, ternyata goresan juga dapat menyebabkan kerusakan pada bodi mobil jika air yang menempel pada goresan tersebut bisa mencapai dasar logam dibalik cat mobil Anda. Akhirnya karat akan timbul meski Anda tidak dapat melihatnya dari luar.

Seperti yang dikutip pada laman ehow.com, karat dapat tumbuh di bawah cat selama bertahun-tahun tanpa memperlihatkannya di permukaan. Tanpa disadari, karat tersebut dapat menimbulkan kerusakan besar pada panel bodi mobil Anda. Goresan pada cat mobil Anda bisa disebabkan oleh dua faktor, yakni kesalahan Anda sendiri atau bisa jadi dikarenakan karena ada orang lain yang secara sengaja membuat goresan tersebut.

Jika goresan pada cat mobil menimbulkan karat, maka hal tersebut ibarat mimpi buruk bagi pemilik mobil. Nah, berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan jika terjadi goresan pada mobil Anda. Tapi sebelumnya, perlu dipahami dulu sebarapa parah goresan tersebut merusak bodi mobil Anda.

Goresan lecet (ringan)

Goresan yang ringan dan mungkin menyerupai lecet, cukup mudah untuk dihapus. Jika goresan tidak melewati lapisan cat pada mobil (misalnya seperti goresan sehabis mencuci mobil), lecet tersebut bisa dihapus oleh tangan. Gunakan wax semprot atau scratch remover pada bantalan mikro fiber. Gosokkan bulak-balik pada goresan tersebut lalu gunakan handuk mikro fiber yang bersih untuk melihat hasilnya. Jika goresan masih terlihat, ulangi proses menggosok. Setelah goresan mulai samar, gunakan sedikit car polish dengan handuk untuk memoles mobil sehingga tampak bersinar.

Goresan Medium

Goresan yang sedikit menyentuh lapisan dasar cat (tapi tidak menyentuh lapisan logam), tidak dapat digosok halus seperti lecet. Jenis goresan seperti ini memerlukan dua sentuhan cat untuk memperbaikinya. Cat Touch-Up dapat ditemukan via online atau mengunjungi dealer lokal mobil Anda. Tapi sebelumnya, pastikan goresan sudah dibersihkan dan dihaluskan terlebih dahulu. Gunakan sedikit wax dan grease remover ke seluruh area yang lecet. Lalu gunakan kapas atau touch-up aplikator untuk menambahkan cat pada bagian mobil yang tergores. Tambahkan lapisan tipis pada bagian yang tergores dan biarkan kering selama beberapa jam. Metode ini bekerja dengan baik untuk lecet atau goresan medium pada cat mobil Anda.

Goresan yang Dalam

Goresan yang dalam maksudnya adalah goresan yang menyentuh hingga dasar logam mobil Anda. Goresan seperti ini harus diamplas dan dicat. Gunakan kertas amplas yang baik dengan ketebalan pasir kira-kira 800-1000 grit. Lalu amplas bagian yang tergores dengan halus. Kemudian gunakan spray lapisan tipis primer pada area yang sudah diamplas. Amplas primer tersebut dengan kertas amplas berketebalan 1,200 grit untuk kemudian semprot dua lapis tipis cat untuk mencocokkan warna mobil. Diamkan selama 30 menit untuk dikeringkan sebelum menerapkan lapisan cat berikutnya.

Ketika menyemprotkan cat, upayakan untuk selalu berada di atas bagian yang tergores dan yang sudah diamplas. Sepanjang garis dimana cat baru akan bertemu dengan cat yang lama, tambahkan seperempat thinner pada semprotan cat. Biarkan cat mengering lalu semprot dua lapisan cat yang sudah dicampur dengan thinner tersebut untuk kemudian didiamkan selama 30 menit.

2 Comment to “Tips Menghilangkan Goresan Pada Mobil”

  1. Mobilku says:

    mantep nih mas, bermanfaat banget..

  2. zaky says:

    kira-kira mobil toyota all new avanza g tahun 2012 bulan oktober bisa tukar tambah ngga sama avanza yang airbag kalau jadi diluncurkan?
    dan kira-kira pilih all new avanza g atau ertiga gl, alasannya. tolong di jawab

Comment Form