Tips Menata Barang Bawaan Untuk Perjalanan Jauh

California_packing

Mobil sempit tentu mengurangi kenyamanan Anda saat berkendara, apalagi sempitnya mobil Anda bukan dikarenakan jumlah penumpangnya yang banyak, melainkan Anda kurang bisa menata barang yang dibawa dalam mobil Anda. Menata barang bawaan di dalam mobil, terutama ketika Anda akan melakukan perjalanan jauh, menjadi hal krusial untuk diperhatikan.

Walaupun telihat seperti masalah sepele, tapi jika kita tidak “cerdas” menata barang yang akan dimasukkan ke dalam mobil akan sangat menggangu kenyamanan berkendara dan bahkan bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan. Persoalan menata barang juga akan semakin bertambah rumit ketika Anda hanya memiliki kendaraan mini yang bagasinya pun berukuran mini.

Lantas bagaimana mengantisipasi hal tersebut? Bagaimana langkah cerdas memilih barang yang masuk ke dalam kategori “prioritas”? Tips yang diperoleh dari laman tempointeraktif.com berikut mungkin akan sangat membantu Anda terutama menjelang mudik Lebaran yang sudah ada di depan mata.

  1. Membawa barang yang benar-benar dibutuhkan

Ingatlah, sebesar apapun bagasi mobil Anda, ruang tersebut tetaplah ruang yang terbatas sehingga kita harus pintar memilih barang yang akan dibawa. Perhitungkan barang bawaan dengan lamanya waktu kita liburan. Jangan sampai barang yang dibawa malah menyusahkan kita dalam perjalanan. Khusus untuk barang yang berharga seperti dompet, upayakan selalu disimpan pada posisi yang tidak terlalu jauh dan selalu bisa Anda jangkau setiap saat.

  1. Kemas dan Tata dengan Tepat

Pilih tas atau koper yang simpel, sehingga memudahkan Anda untuk membawa sekaligus menyimpannya di dalam mobil. Travelling Bag atau koper yang dilengkapi dengan roda akan mempermudah ketika Anda mengangkatnya.

Tempatkan pakaian yang besar dan berat, terutama celana dan baju di urutan terbawah. Adapun pakaian dari bahan katun lipatlah hingga ukuran terkecil atau gulunglah dengan rapi. Setelah itu, tas, koper, atau kardus yang ukurannya paling besar letakkan di bagian bawah. Dengan catatan, barang-barang yang sering digunakan harus di tempatkan pada bagian atas.

  1. Urutan Penempatan Sesuai Dengan Ukuran Tas atau Koper

Setelah proses pengemasan, selanjutnya adalah memikirkan penempatan tas atau koper di bagasi mobil. Satu hal yang harus Anda ingat tempatkan tas atau kopor berukuran besar di bagian terbawah, atau bila urutan menyamping, tempatkan tas atau kopor itu di bagian samping. Urutan seperti ini untuk mengantisipasi tas, koper, maupun kardus yang Anda bawa bergeser atau berpindah tempat ketika sedang dalam perjalanan.

Lebih aman lagi, gunakan jaring atau ikat barang bawaan Anda supaya tidak berantakan. Perlengkapan seperti itu bisa Anda dapatkan di beberapa toko aksesoris mobil.

  1. Cermat Menempatkan Barang Berukuran Kecil

Bila Anda membawa kotak kosmetik dengan bahan yang berlapis kain, tempatkanlah di sela  pakaian yang sudah tertata.  Selain itu, selipkan alat-alat kecil yang dibutuhkan, seperti seperti sisir, gunting kuku, pencukur kumis, dan benda lainnya di saku tas atau kopor. Maksimalkan kapasitas tas atau koper dengan memastikan setiap sudutnya telah terisi. Tetapi, jangan melebihi kapasitas sehingga  bisa tertutup rapat dan aman.

  1. Jangan Sampai Tumpukan Barang Menutupi Kaca Belakang

Kita kerap kali secara tidak sadar menumpuk barang bawaan sehingga menutupi bagian belakang kaca mobil. Hal tersebut sangat membahayakan keselamatan pengemudi karena tumpukan tersebut membuat pengemudi tidak bisa melihat kondisi di belakang mobil. Mewaspadai samping kiri, kanan, serta depan dan belakakang ketika Anda menyetir mobil sangatlah krusial demi keselamatan. Oleh sebab itu, jangan menumpuk barang terlalu tinggi dari jok mobil di belakang.

3 Comment to “Tips Menata Barang Bawaan Untuk Perjalanan Jauh”

  1. [...] Tips Menata Barang Bawaan Untuk Perjalanan Jauh [...]

  2. Riski Din's says:

    Pertamax

    Mantaff jaya ni tips’nya Gan,
    mudik kemaren jd aman ‘n tenang di jalan

    ditunggu info2 selanjutnya yaa Nasmoco ^_^

    salam
    Nasmoco Lovers

  3. wahyu says:

    Membawa barang barang yang benar benar di butuhkan, sangat betul brow,

    Top Info Brow, Thank’s

Comment Form