Tahun Depan, Toyota Amerika Mulai Kirim 6.000 Unit Camry ke Korea

New Camry-1

Kondisi mata uang Yen yang terus menguat atas Dollar Amerika membuat Toyota mesti berpikir keras dalam upayanya mengekspor kendarannya ke negara lain. Satu solusi yang sempat dilakukan Toyota adalah dengan cara membuat mobil di tempat mereka memasarkannya.

Seperti dilansir laman Automotive News dan Autoevolution beberapa waktu lalu, Toyota Motor Corporation (TMC) akan mengirimkan 6.000 unit sedan Camry per tahun dari pabriknya di Amerika Serikat ke pasar Korea Selatan. Langkah ini merupakan efek dari naiknya harga mobil bila harus didatangkan dari Jepang.

“Kloter pertama pengiriman mobil akan kami lakukan mulai awal bulan depan (Januari 2012),” ujar Akio Toyoda, CEO Toyota.

Dilaporkan laman Autoevolution (6/12/2011), sedan Toyota Camry sendiri diproduksi di pabrik Kentucky, Amerika Serikat. Selain itu, pabrikan mobil asal Jepang ini juga akan mulai mengirimkan minivan Sienna ke pasar Asia seperti India mulai tahun depan.

“Semua industri otomotif di Jepang akan runtuh jika Yen terus menguat atas Dollar Amerika,” tambah Akio Toyoda, menyikapi kekhawatirannya terhadap stabilitas ekonomi di Jepang saat ini.

Comment Form