Satu Juta Unit Toyota Prius Terjual di Jepang

2012 Toyota Prius V Luxury Minivan

Seperti kebanyakan perusahaan manufaktur mobil di Jepang, Toyota menggunakan pasar “rumah sendiri” untuk melakukan tes market mobil-mobil dan teknologi baru sebelum melepasnya ke pasar dunia. Begitu pun dengan model Prius, sejak pertama kali dijual pada 1997 hingga Agustus 2011, mobil yang memiliki varian berteknologi Hybrid ini sudah terjual lebih dari 1 juta uni di pasar domestik Jepang.

Beberapa tahun terakhir, meningkatnya penjualan Toyota telah didorong oleh insentif pemerintah Jepang yang menguntungkan. Faktor lain yang menyebabkan tingginya statistik penjualan Prius di Jepang adalah dikeluarkannya varian baru Prius Alpha (Prius V di Amerika Serikat) dengan model minivan. Namun, pernyataan di atas bukan berarti produk Toyota yang lain tidak memiliki prestasi penjualan yang baik.

Walaupun bisa juga dikatakan bahwa subsidi Eco Mobil di Jepang telah memainkan peran penting dalam menjaga penjualan Prius tetap teratas sebagai mobil baru di Jepang, pada saat yang sama kompetisi juga telah tumbuh di pasar mobil Hybrid. Selama bertahun-tahun Hybrid berarti “Prius” hanya karena alasan sederhana yakni, tidak ada alternatif mobil lain yang berkualitas tersedia di Jepang.

Comment Form