Produksi Bulanan Toyota Naik Untuk Pertama Kalinya Sejak Gempa

toyota8

Menurut data yang dikutip dari Bloomberg, Toyota Motor Corporation (TMC) melaporkan keberhasilannya dalam meningkatkan produksi bulanannya sejak diguncang gempa beberapa bulan lalu. Output pada Agustus 2011 naik 10.6 persen menjadi 626.817 unit kendaraan diproduksi, yang merupakan kenaikan pertama setelah pemerintah Jepang mengakhiri subsidi untuk mobil hemat bahan bakar September lalu.

Sementara itu, untuk pasar domestik Toyota mengalami peningkatan produksi mobil sebanyak 12 persen (252.374 unit kendaraan). Sedangkan untuk produksi luar negeri juga mengalami peningkatan 9.8 persen (374,44 unit kendaraan).

Menurut keterangan pihak Toyota, diterapkannya strategi merekrut pekerja tidak tetap pada bulan Oktober ini, akan semakin mendorong peningkatan produksi mobil. Sebagaimana kita tahu, kebangkitan produsen mobil asal Negeri Matahari Terbit ini juga ditandai dengan dioperasikannya pabrik di Amerika Utara beberapa waktu lalu untuk memproduksi mobil-mobil bermesin kecil.

“Hambatan dalam pasokan suku cadang tampaknya akan berakhir lebih cepat dari yang diharapkan. Penyediaan suku cadang, termasuk micro controller, telah berhasil dinormalisasi kembali. Ini sangat membantu mengembalikan produksi Toyota,” ujar Satoru Takada, analis TMC, di Tokyo.

Toyota sendiri mulai merekrut pekerja tidak tetap sejak Juli lalu dan berencana menambah 4.000 pekerja lagi di Jepang untuk semakin meningkatkan produksi.

Comment Form