Lintasi Kutub Selatan, Toyota Hilux Torehkan Rekor

toyota_hilux_arctic_trucks

Guinness Book of Records kembali mencatatkan tinta emasnya untuk kategori rekor dunia melintasi Kutub Selatan paling cepat. Dua Unit mobil Toyota Hilux yang sudah mengalami sedikit modifikasi berhasil menempuh jarak 1,434 mil menyebrangi Antarctic High Plateau dalam waktu 108 jam.

Seperti yang diwartakan pada laman autoblog.com, dua unit Toyota Hilux ini harus ekstra hati-hati dengan hanya menggunakan kecepatan 13 mph (21 km/jam). Angka ini sekaligus mencerminkan bagaimana ekstrimnya kondisi jalan yang dihadapi oleh penumpang ekspedisi di ketinggian lebih dari 2 mil di atas permukaan laut tersebut.

Ekspedisi melintasi Kutub Selatan ini sendiri diprakarsai oleh The Kazakhstan National Geographic Society (KNGS) dan The Antarctica Company (TAC). Empat orang yang tergabung di ekspedisi ini adalah Konstantin Orlov dan Stanislav Makarenko dari KNGS, Andrey Myller dari TAC, dan Hlynur Sigurdsson dari Arctic Trucks (perusahaan yang memodifikasi Hilux).

Dua unit Hilux modifikasi yang diberi nama “The Arctic Trucks Expedition AT44” ini memiliki tenaga 170 hp, 3 liter turbo diesel, dan dimodifikasi untuk mampu membawa 285 galon bensin, 74 in-tanks, dan tempat tidur. Nama mobil Hilux ini diambil dari ban berukuran 44 x 18.5 yang dipasang pada velg 15 inci dengan tekanan ban hanya 2 psi saja. Mobil dengan konfigurasi four-by-four ini ditunjang dengan transmisi 5-percepatan otomatis.

Selain mampu membawa beban hingga 1.3 ton, truk ini juga dilengkapi dengan kemampuan menyeret beban tambahan di belakangnya seberat 1.5 ton. Sementara itu, “The Arctic Trucks Expedition AT44” ini sendiri memiliki berat 4,960 pound dan menghabiskan bahan bakar 5 galon per mil pada kondisi salju Antarctic.

Comment Form